Mengenal Anggrek Bulan dan cara Merawatnya

Share & Comment

Anggrek termasuk dalam keluarga tanaman bunga-bungaan yang  memiliki lebih banyak jenisnya daripada keluarga tanaman bunga-bungaan  lainnya. Indonesia trekenal di seluruh dunia  dengan kekayaan anggreknya yang memiliki lebih dari 4.000 jenis anggrek  yang tersebar hampir di semua pulau. Kalimantan, Papua, Sumatera, Jawa termasuk pulau-pulau yang terkenal di dunia karena kekayaan anggreknya.  Anggrek yang paling terkenal dari Indonesia adalah “anggrek bulan”  (Phalaenopsis amabilis) yang diangkat sebagai “Bunga Nasional” dan  dijuluki “Puspa Pesona”, dan “Anggrek Kantung” (Paphiopedilum javanicum). Anggrek memiliki karakteristik sebagai berikut :
a.       Memiliki tiga sepal (daun kelopak bunga). Salah satunya yang terletak  pada bagian belakang (punggung) yang menghadap keatas dinamakan sepal dorsal.
b. Memiliki tiga petal (daun mahkota bunga) yang letaknya selang-seling  dengan daun kelopak bunga. Salah satu dari petal yang terletak di bawah  berbentuk seperti lidah yang disebut labellum (bibir bunga), membuat bunga simetris antara kiri dan kanan.
c. Putik dan benang sari (bagian jantan dan betina) yang bergabung  bersama pada bagian yang disebut column.
Anggrek bulan (Phalaenopsis) secara resmi dinobatkan sebagai  bunga nasional “Puspa Pesona” sejak tanggal 5 Juni 1990. Putih bersih  warnanya, berlidah kuning, terdiri atas 46-60 spesies, 22 jenis diantaranya tumbuh alami di Indonesia.
Perbanyakan dengan biji buah yang telah masak. Pembiakan ini memerlukan perlakuan yang khusus diantaranya biji harus steril dari hama dan penyakit. Buah anggrek tumbuh setelah terjadi penyerbukan, baik secara disengaja oleh manusia ataupun secara alami oleh angin dan serangga. Di dalam buah anggrek tersebut terdapat ribuan biji yang  berukuran sangat kecil dan halus bagaikan tepung. Perbanyakan secara generatif ini dilakukan dengan menyebarkan biji anggrek ke media tanam. Secara alami tempat penyebaran biji anggrek ini hanya di sekitar akar atau tempat tumbuh saat buah terbelah dan biji-biji bertebaran. Bisa juga di tempat-tempat yang agak jauh ketika biji-biji anggrek terbawa oleh angin, serangga, atau hewan lainnya. Sementara itu penyebaran biji dengan teknologi yang cukup modern bisa dilakukan dalam media agar yang dilakukan di laboratorium khusus.
Untuk perbanyakan secara vegetatif dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu split (pemisahan rumpun/anakan) dan cara kultur jaringan. Cara split anakan adalah salah satu cara yang masih tergolong tradisional yakni mengambil anakan atau tanaman anggrek yang sudah tumbuh secara sempurna. Sementara itu, kultur jaringan dilakukan dengan mengambil  bagian tanaman muda yang jaringannya masih aktif membelah dan  kemudian dikulturkan di laboratorium dengan menggunakan media tanam agar-agar bernutrisi. Pada umumnya perbanyakan secra vegetatif sangat  disukai karena anggrek akan lebih cepat berbunga dan sifat-sifat anggrek  yang baru akan sama dengan indukannya (Ayub, 2005).
Anggrek bulan adalah yang mempunyai kelopak bunga yang lebar dan anggun. Termasuk tanaman anggrek  yang mudah dirawat dan rajin berbunga. Anggrek bulan termasuk golongan anggrek monopodial. Anggrek yang tumbuh keatas dari satu batang. Bunga dari anggrek bulan tumbuh dari sisi batang dari arah bawah. Dengan perawatan yang sesuai bunga anggrek bulan sangat tahan dan tidak cepat layu. Bahkan batang bunga yang sudah rontok bunganya, dapat tumbuh cabang bunga baru. Beberapa hal yang perlu diketahui tentang cara perawatan anggrek bulan :
·         Anggrek bulan tidak membutuhkan sinar matahari penuh, hanya 20% saja. Sehingga perlu naungan. Naungan bisa dengan paranet. Temperatur ideal yang diperlukan adalah 30 C saat siang dan 23 C pada malam hari. Dengan kelembaban maksimum 70%. Bila terlalu basah tanaman mudah busuk oleh jamur maupun bakteri. Untuk mengetahui secara kebutuhan intensitas matahari dapat dilihat dari warna daunnya. Daun berwarna hijau, menandakan intensitasnya cukup. Sedangkan berwarna hijau tua, intensitasnya kurang, dan bila intensitas sinarnya berlebih, maka daun akan berwarna kecoklatan karena terbakar.
·         Sirkulasi udara sangat dibutuhkan. Artinya hembusan angin cukup baik untuk pertumbuhan tanaman anggrek bulan. Semakin baik sirkulasi udara pertumbuhan tanaman anggrek bulan akan semakin bagus. Untuk tempat pemeliharaan anggrek bulan yang kurang baik sirkulasi udaranya, dapat dipasang kipas angin. Fungsi sirkulasi udara ini untuk meratakan temperatur dan kelembaban serta cepat membuang udara panas maupun terlalu basah.
·         Penyiraman dilakukan dua kali sehari. Penyiraman yang baik jam 07.00 ~ 09.00 dan 16.00 ~ 18.00. Penyiraman sebaiknya langsung kearah akar dan menggunakan air yang bersih, tidak tercemar limbah kimia.
·         Menjegah adalah lebih baik dari pada mengobati. Prinsip ini juga berlaku dalam perawatan anggrek bulan. Untuk itu guna menjaga serangan hama dan penyakit, perlu dilakukan penyemprotan insektisida dan fungisida seminggu sekali. Penyemprotan sebaiknya dilakukan sore hari.
·         Pupuk, nutrisi juga diperlukan oleh anggrek bulan. Lewat pemupukan yang teratur pertumbuhan tanaman anggrek bulan akan prima dan rajin berbunga. Pupuk yang dibutuhkan adalah pupuk yang kaya akan kandungan kalsium (Ca), Phospor (P), dan Kalium (K). Pemberian pupuk dilakukan rutin dua minggu sekali. Pemberian pupuk dengan cara pupuk dilarutkan dahulu dengan air kemudian disiramkan. Perlu juga ditambahkan pupuk daun dengan cara di spray.

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Manfaat Produk :

A.     Ditaruh Dalam Ruangan

1.       Sebagai Penghasil Oksigen, Ruangan menjadi sejuk.
2.       Menghasilkan CO2/Carbondioksida, Mengatasi anda yang susah tidur.
3.       Menghiasi ruangan anda, Ruangan anda akan terlihat asri.
4.       Menghilangkan Stres, Dengan melihat warna hijau, fikiran anda akan jauh lebih tenang dan mampu meningkatkan imajinasi.
5.       Menyerap polusi udara seperti rokok.
6.       Dsb.

B.      Untuk Souvenir Pada Acara Pernikahan
C.      Untuk Souvenir Pada Acara Rapat
D.     Untuk Souvenir Pada Acara Seminar
E.      Untuk Souvenir Pada Acara Penghijauan
F.       Dll.

Untuk Melihat Produk Lebih Lengkap Silahkan Klik Di Bawah Ini :

http://www.gogreensouvenir.com/p/blog-page_15.html


Tags:

Written by

We are the second largest blogger templates author, providing you the most excellent and splendid themes for blogger cms. Our themes are highly professional and seo Optimized.

 
@2014 | Published By # | Tuts | Designed by # | Powered By restu agro jaya.