Friday, 3 October 2014

kailan

Share & Comment
kailan
Klasifikasi       Kingdom           : Plantae
Divisio               : Spermatophyta
Subdivisio        : Angiospermae
Kelas                 : Dicotyledoneae
Ordo                  : Papavorales
Famili               : Cruciferae (Brassicaceae)
Genus                : Brassica
Spesies             : Brassica oleraceae Var. Acephala
Tanaman kailan adalah salah satu jenis sayuran yang termasuk dalam kelas  dicotyledoneae. Sistem perakaran kailan adalah jenis akar tunggang dengan  cabang-cabang akar yang kokoh. Cabang akar (akar sekunder) tumbuh dan  menghasilkan akar tertier yang akan berfungsi menyerap unsur hara dari dalam  tanah (Darmawan, 2009).
Tanaman kailan mempunyai batang berwarna hijau kebiruan, bersifat  tunggal dan bercabang pada bagian atas. Warna batangnya mirip dengan kembang kol. Batang kailan dilapisi oleh zat lilin, sehingga tampak mengkilap, pada batang tersebut akan muncul daun yang letaknya berselang seling (Sunarjono, 2004).Tanaman kailan adalah sayuran yang berdaun tebal, datar, mengkilap, keras, berwarna hijau kebiruan, dan letaknya berselang. Daunnya panjang dan  melebar seperti caisim, sedangkan warna daun mirip dengan kembang kol  berbentuk bujur telur (Widaryanto, Herlina dan Putra, 2003).

------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Go Green Souvenir
Jual souvenir Pernikahan
Souvenir bertema kan go green, souvenir bibit tanaman dan lain-lain. (Partai besar atau kecil)
Hubungi kami ( untuk mendapatkan katalog ):
089 631 383 425
Pin 7db7f6be
berikut beberapa contoh produknya:

























Bunga kailan terdapat di ujung batang dengan bunga berwarna putih.  Kepala bunga berukuran kecil, mirip dengan bunga pada brokoli. Bunga kailan terdapat dalam tandan yang muncul dari ujung batang atau tunas. Kailan berbunga  sempurna dengan enam benang sari yang terdapat dalam dua lingkaran. Empat benang sari dalam lingkaran dalam, sisanya dalam lingkaran luar. Buahnya  berbentuk polong (siligue). Biji kailan melekat pada kedua sisi sekat bilik yang  membagi buah menjadi dua bagian (Sunarjono, 2004)
Tanaman kailan sesuai ditanam di kawasan yang mempunyai suhu antara  23 – 35 °C . Kelembapan udara yang sesuai bagi pertumbuhan kailan berkisar  antara 80 – 90 % (Sunarjono, 2004). Pada umumnya tanaman kailan baik ditanam di dataran tinggi dengan ketinggian antara 1.000 - 3.000 meter di atas permukaan laut, seperti halnya kubis  tunas yang hanya baik ditanam pada ketinggian lebih dari 800 m di atas  permukaan laut. Beberapa varietas kubis-kubisan (Brassicaceae) ada yang dapat  ditanam di dataran rendah, seperti kailan mampu beradaptasi dengan baik pada dataran rendah (Sunarjono, 2004)
Tanaman kailan memerlukan curah hujan yang berkisar antara 1000 -1500 mm/tahun, keadaan curah hujan ini berhubungan erat dengan ketersediaan air bagi tanaman. Kailan termasuk jenis sayuran yang toleran terhadap kekeringan atau ketersediaan air yang terbatas. Curah hujan terlalu banyak dapat menurunkan kualitas sayur, karena kerusakan daun yang diakibatkan oleh hujan deras (Cahyono, 2001).


Tags:

Written by

We are the second largest blogger templates author, providing you the most excellent and splendid themes for blogger cms. Our themes are highly professional and seo Optimized.

0 komentar:

Post a Comment

 
@2014 | Published By Pro Templates Lab | Tuts | Designed by Templatezy | Powered By Blogger