Urgensi dan Kegunaan Mempelajari Munasabah

Share & Comment


A.   Urgensi dan Kegunaan Mempelajari Munasabah

            Sebagaimana Asbab An-Nuzul, munasabah sangat berperan dalam memahami Al-Quran. Muhammad ‘Abdullah Darraz berkata : “sekalipun permasalahan-permasalahan yang diungkapkan surat-surat itu banyak, semuanya merupakan satu kesatuan pembicaraan yang awal dan akhirnya saling berkaitan. Maka bagi orang yang hendak memahami sistematika surat semestinyalah ia memerhatikan keseluruhannya, sebagaimana juga memerhatikan segala permasalahannya.”
            Disamping itu, para ulama bersepakat bahwa al-Quran ini, yang diturunkan dalam tempo 20 tahun lebih dan mengandung bermacam-macam hukum karena sebab yang berbeda-beda, sesungguhnya memiliki ayat-ayat yang mempunyai hubungan erat, sehingga tidak perlu lagi mencari asbab an-nuzulnya, karena pertautan antara satu ayat dengan ayat yang lainnya sudah bisa mewakilinya. Berdasarkan prinsip itu, Az-Zarkasyi mengatakan bahwa jika tidak ada asban an-nuzul, yang lebih utama adalah mengemukakan munasabah.
            Adapun kegunaan dari mempelajari ilmu munasabah adalah sebagai berikut :
1.      Dapat mengembangkan bagian anggapan orang bahwa tema-tema Al-Quran kehilangan relevansi antara satu bagian dengan bagian lainnya. Contohnya terhadap firman Allah dalam surat Al-Baqarah ayat 186 yang  artinya : 
"Mereka bertanya kepadamu tentang bulan sabit. Katakanlah: "Bulan sabit itu adalah tanda-tanda waktu bagi manusia dan  haji; Dan bukanlah kebajikan memasuki rumah-rumah dari belakangnya , akan tetapi kebajikan itu ialah kebajikan orang yang bertakwa. Dan masuklah ke rumah-rumah itu dari pintu-pintunya; dan bertakwalah kepada Allah agar kamu beruntung."

2.      Mengetahui atau persambungan/hubungan antara bagian Al-Quran, baik antara kalimat atau antarayat atau antarsurat, sehingga lebih memperdalam pengetahun dan pengenalan terhadap kitab Al-Quran dan memperkuat keyakinan terhadap kewahyuan dan kemukjizatannya.
3.      Dapat diketahui mutu dan tingkat ke-balaghoh-an bahasa al-Quran dan konteks kalimat-kalimatnya yang satu dengan yang lainnya, serta persesuaian ayat atau surat yang satu dan yang lain.
4.      Dapat membantu dalam menafsirkan ayat-ayat Al-Quran setelah diketahui hubungan suatu kalimat atau ayat dengan kalimat atau ayat yang lain.
 ----------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Go Green Souvenir
Jual souvenir Pernikahan
Souvenir bertema kan go green, souvenir bibit tanaman dan lain-lain. (Partai besar atau kecil)
Hubungi kami ( untuk mendapatkan katalog ):
089 631 383 425
Pin 7db7f6be
berikut beberapa contoh produknya:


























Tags:

Written by

We are the second largest blogger templates author, providing you the most excellent and splendid themes for blogger cms. Our themes are highly professional and seo Optimized.

 
@2014 | Published By # | Tuts | Designed by # | Powered By restu agro jaya.