tomat

Share & Comment
Klasifikasi :
Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
 Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
 Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
 Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
 Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
 Sub Kelas: Asteridae
 Ordo: Solanales
 Famili: Solanaceae (suku terung-terungan)
 Genus: Solanum
 Sesies: Solanum lycopersicum L
Tomat mempunyai akar tunggang yang tumbuh menembus kedua  tanah dan akar yang tumbuh menyebar kearah samping. Tetapi dangkal. Batang tanaman tomat berbentuk persegi empat hingga bulat, berbatang lunak tetapi cukup kuat, berbulu atau erambut halus dan diantara bulu-bulu tersebut terdapat rambut kelenjar. Batang tanaman  berwama hijau. Pada ruas batang mengalami penebalan dan pada ruas  bagian bawah tumbuh akar-akar pendek. Selain itu batang tamanan tomat dapat bercabang dan diameter cabang lebih besar jika dibanding dengan jenis tanaman sayur lainya. Daun tanaman tomat berbentuk oval bagian tepi daun bergerigi dan membentuk celah-celah yang menyirip serta agak  melengkung kedalam. Daun berwama hijau dan merupakan daun majemuk  ganjil yang berjumlah sekitar 3-6 cm. Diantara daun yang berukuran besar biasanya tumbuh 1-2 daun yang berukuran kecil. Daun majemuk pada tanaman tomat tumbuh berselang-seling atau tersusun spiral mengelilingi batang tanaman. Bunga tomat berukuran kecil, diameternya sekitar 2 cm  dan berwama kuning cerah, kelopak bunga berjumlah 5 buah dan berwarna hijau terdapat pada bagian terindah dari bunga tomat warnanya kuning cerah berjumlah 6 buah. Bunga tomat merupakan bunga sempurna karena benang sari atau tepung sari dan kepala putik atau kepala benang sari terbentuk pada bunga yang sama. Bentuk buah tomat bervariasi,  tergantung varietasnya ada yang berbentuk bulat, agak bulat, agak lonjong dan bulat telur (oval). Ukuran buahnya juga bervariasi, yang paling kecil memiliki berat 8 gram dan yang besar memiliki berat 180 gram. Buah yang masih muda berwama hijau muda, bila telah matang menjadi merah (Cahyono, 1998).
Tanaman tomat dapat tumbuh dengan baik pada daerah dengan ketinggian 100-1000 meter di atas permukaan laut, dengan intensitas cahaya matahari yang tinggi dan cutah hujan rata-rata 100-220 mm/tahun. Pada umumnya, tanaman Tomat baik di tanam pada tanah yang memiliki aerasi dan drainase yang baik, sedikit berpasir, mengandung banyak humus dan mempunyai nilai pH antara 5-6. Suhu optimal untuk pertumbuhan tanaman tomat berkisar antara 17-23°C, yaitu 17°C pada malam hari dan 23°C pada siang hari dengan intensitas sinar matahari berkisar antara 10-12 jam / hari.
Tanaman tomat membutuhkan sistem pengairan yang baik, karena buah tomat komposisi terbesarnya adalah air yaitu sekitar 90%. Penyiraman harus di lakukan setiap hari kecuali hari hujan.
 Pada masa pembungaan, suhu udara pada malam hari harus di perhatikan dengan baik. Suhu di bawah 10°C, akan menyebabkan penyerbukan tidak berjalan dengan baik karena tepung sari bisa mati. Sedangkan suhu yang terlalu tinggi, yaitu diatas 17°C akan bahkan dapat menyebabkan pembungaan tidak terbentuk sama sekali. Sehingga buah tomat menjadi mandul.
Suhu dan kelembaban yang terlalu tinggi dapat memicu berkembangnya penyakit daun. Seperti halnya, kalau kita bertanam tanaman hortikultura lain, di sarankan agar lahan yang akan di tanami tomat bukan merupakan lahan bekas di tanami tomat atau tanaman sefamili dengannya. Hal ini merupakan salah satu cara pengendalian hama dan penyakit. Lahan yang telah dibiarkan selama 2 kali masa tanam atau bekas tanam gilir lebih baik untuk mencegah perkembangan hama dan penyakit dan dapat meningkatkan hasil panen yang optimal.


------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Go Green Souvenir
Jual souvenir Pernikahan
Souvenir bertema kan go green, souvenir bibit tanaman dan lain-lain. (Partai besar atau kecil)
Hubungi kami ( untuk mendapatkan katalog ):
089 631 383 425
Pin 7db7f6be
berikut beberapa contoh produknya:

























Tags:

Written by

We are the second largest blogger templates author, providing you the most excellent and splendid themes for blogger cms. Our themes are highly professional and seo Optimized.

 
@2014 | Published By # | Tuts | Designed by # | Powered By restu agro jaya.