timun

Share & Comment
Timun
Timun memiliki klasifikasi:
Kingdom         : Plantae
     Divisio             : Spermatophyta
     Sub division    : Angiospermae
     Class                : Dicotyledonae
     Ordo                : Cucurbitales
     Family             : Cucurbitaceae
     Genus              : Cucumis
     Species            : Cucumis sativus L
Mentimun (Cucumissativus L.; suku labu-labuanatau Cucurbitaceae) merupakan tumbuhan yang menghasilkan buah yang dapat dimakan. Buahnya biasanya dipanen ketika belum masak benar untuk dijadikan sayuran atau penyegar, tergantung jenisnya. Mentimun dapat ditemukan di berbagai hidangan dari seluruh dunia dan memiliki kandungan air yang cukup banyak di dalamnya sehingga berfungsi menyejukkan. Potongan buah mentimun juga digunakan untuk membantu melembabkan wajah serta banyak dipercaya dapat menurunkan tekanan darah tinggi.
Habitus mentimun berupa herba lemah melata atau setengah merambat dan merupakan tanaman semusim: setelah berbunga dan berbuah tanaman mati. Perbungaannya berumah satu (monoecious) dengan tipe bunga jantan dan bunga hermafrodit (banci). Bunga pertama yang dihasilkan, biasanya padausia 4-5 minggu, adalah bunga jantan. Bunga-bunga selanjutnya adalah bunga banci apabila pertumbuhannya baik. Satu tumbuhan dapat menghasilkan 20 buah, namun dalam budidaya biasanya jumlah buah dibatasi untuk menghasilkan ukuran buah yang baik. Buah berwarna hijau ketika muda dengan larik-larik putih kekuningan. Semakin buah masak warna luar buah berubah menjadi hijau pucat sampai putih. Bentuk buah memanjang seperti  torpedo. Daging buahnya perkembangan dari bagian mesokarp, berwarna kuning pucat sampai jingga terang. Buah dipanen ketika masih setengah masakdan biji belum masak fisiologi. Buah yang masak biasanya mengering dan biji dipanen, warnanya hitam.
 Morfologi mentimun mempunyai sulur dahan berbentuk spiral yang keluar di sisi tangkai daun. Sulur  ketimun adalah batang yang termodifikasi  dan ujungnya peka sentuhan. Bila menyentuh  galah  misalnya, sulur akan  mulai melingkarinya. Dalam 14 jam sulur itu  telah melekat kuat pada  galah  itu. Kira-kira sehari setelah  sentuhan pertama sulur mulai bergelung, atau menggulung  dari bagian  ujung maupun pangkal  sulur. Gelung gelung terbentuk mengelilingi suatu titik di tengah sulur yang  disebut titik gelung balik. Dalam 24 jam sulur telah tergulung ketat.
Batang tanaman ketimun berbulu kasar, basah, dan mempunyai panjang 0,5-2,5 meter. Daunnyamerupakan daun tunggal, letaknya berseling, bertangkai panjang, da  bentuknya bulat telur lebar Daun ini bertajuk 3-7 dengan pangkal berbentuk  jantung,  ujungnya runcing dan tepinya bergerigi. Panjangnya 7-18 cm lebar 7-15 cm,dan  warnanya hijau.
Bunga tanaman Cucumis sativus ada yang jantan berwarna putih kekuningan dan bunga betinanya  berbentuk seperti terompet yang ditutupi oleh bulu-bulu.
Daunnya merupakan daun tunggal, letaknya berseling, bertangkai panjang, dan bentuknya bulat telur lebar. Daun ini bertajuk 3-7 dengan pangkal  berbentuk jantung, ujungnya  runcing dan tepinya bergerigi. Panjangnya 7-18 cm, lebar 7-15 cm, dan warnanya hijau. Daun dan tangkai Cucumis sativus bisa dimakan sebagai lalap mentah atau dikukus..
Buah ini panjangnya 10-30 cm dan bagian pangkalnya berbintil, tumbuh  menggantung, berlilin putih, warnanya hijau dan setelah tua  warnanya kuning kotor.   Buah mentimun  bila  ditinjau dari sudut susunannya tidak jauh berbeda dengan buah buni. Biasanya kulit buah yang di bagian luar lebih tebal dan lebih kaku, ruangan buah selain berisi biji-biji dalam jumlah yang besar masih mempunyai bagian yang kosong. Buah mentimun terjadi dari tiga daun buah yang  tepinya melipat ke dalam dan merupakan sekat-sekat sejati, tetapi ujung daun-daun  buah itu  melipat lagi ke arah dinding buah, sehingga ruang-ruang yang telah terjadi dari tengah-tengah  buah terbagi lagi oleh sekat-sekat yang tidak sempurna. Hal ini menunjukkan bahwa buah   mentimun pada mulanya mempunyai tiga ruangan, yang masingmasing terbagi dua lagi  oleh  sekat yang tidak sempurna. Jika buah telah masak, sekat-sekat  lenyap, hingga buah hanya  mempunyai satu ruangan saja dengan rongga yang kosong ditengahnya. Buahnya bisa dimakan  mentah, direbus, dikukus, atau disayur. Bisa juga dibuat acar atau dimakan bersama rujak Daging buah ketimun mengandung banyak air yang berwarna putih atau kekuningan. Di dalam buah terdapat banyak biji yang bentuknya lonjong meruncing pipih dan warnanya putih kotor.
Syarat Tumbuh yaitu tanaman ini tidak tahan terhadap hujan yang terus menerus. Pertumbuhan nyamemerlukan kelembaban udara yang tinggi, tanah subur yang gembur dan mendapat sinar matahari penuh dengan drainage yang baik. Ketimun sebaiknya dirambatkan kepara-para dan tumbuh baik dari dataran rendah sampai 1.300 m dpl. Tanaman ini diduga berasal dari daerah pegunungan Himalaya di India Utara.

 Ketinggian tempat : 1 m - 1.000 m di atas permukaan laut. Curah hujan tahunan : 800 mm - 1.000 mm/tahun, Bulan basah (di atas 100 mm/bulan) : 5 bulan - 7 bulan,  Bulan kering (di bawah 60 mm/bulan) : 4 bulan - 6 bulan       Suhu udara : 170 C - 230 C,   Kelembapan : sedang,    Penyinaran : sedang – tinggi dengan  Tanah bertekstur : lempung , kemasaman (pH) : 5,5 - 6,8. 
------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Go Green Souvenir
Jual souvenir Pernikahan
Souvenir bertema kan go green, souvenir bibit tanaman dan lain-lain. (Partai besar atau kecil)
Hubungi kami ( untuk mendapatkan katalog ):
089 631 383 425
Pin 7db7f6be
berikut beberapa contoh produknya:

























Tags:

Written by

We are the second largest blogger templates author, providing you the most excellent and splendid themes for blogger cms. Our themes are highly professional and seo Optimized.

 
@2014 | Published By # | Tuts | Designed by # | Powered By restu agro jaya.