Friday, 5 September 2014

Tahap pemuliaan tanaman

Share & Comment
Tahapan Pemuliaan
1. Koleksi Plasma Nutfah
            Koleksi plasma nutfah dilakukan pada satu hamparan lahan yang dilihat dari sifat morfologi tanamanya maupun genetiknya.
2. Karakterisasi
            Memilih  tanaman yang sesuai dengan karakter yang diinginkan setelah diketahui masing-masing individu memunculkan karakternya.
3. Seleksi  
Seleksi ini dilakukan setelah mengetahui karakter masing-masing individu tanaman kemudian menyesuaikan karakter- karakter yang diinginkan dengan tujuan memperbaiki satu atau beberapa karakter yang diinginkan yaitu rasanya manis, banyak air bentuk buah bulat memanjang, buahnya berukuran besar, kulit buah berwarna kekuning-kuningan, daging buahnya tebal, rasanya manis, renyah, durinya lunak dan sedikit.
4. Perluasan Keragaman Genetik
            Setelah terkumpul karakter yang tersebar di beberapa genotip atau untuk memunculkan karakter yang diinginkan maka dilakukan perluasan keragaman genetik yaitu dengan cara hibridisasi (persilangan) yaitu penyerbukan silang antara tetua (tanaman induk) yang berbeda susunan genetiknya. Mutasi didefinisikan sebagai perubahan mewaris dalam bahan genetik yang tidak disebabkan oleh rekombinasi atau segregasi.
5. Seleksi Setelah Perluasan Keragaman Genetik
             Seleksi yang digunakan yaitu seleksi masa walaupun dinamakan seleksi masa, pemilihan tetap didasarkan pada individu tanaman dan penilaian dilakukan berdasarkan pada fenotif. Dalam seleksi masa pemulia dapat memperbaiki suatu sifat dari populsi yang diseleksi dengan tetap mempertahankan ciri populasi tersebut. Karakter yang menjadi target seleksi merupakan karakter kualitatif atau mempunyai heritabilitas tinggi seperti warna atau ketahanan terhadap penyakit tertentu. Seleksi masa dilakukan pada populasi homozigot heterogen.
Jika seleksi dilakukan langsung terhadap karakter yang diinginkan maka disebut seleksi masa langsung misalnya korelasi genetik antara produksi dengan karakter A pada tanaman salak pondoh positif dan tinggi maka seleksi terhadap karakter A akan memperbaiki produksi.
Pada seleksi masa individu tanamna dipilih berdasarkan penampilan yang sama. Kemudian dicampur tanpa dilakukan uji keturunan. Cara pemilihan dapat dilakukan dengan dua cara yaitu seksi masa positif dan seleksi masa negatif. Pada seleksi masa positif tanaman yang mempunyai penampilan yang sesuai dengan keinginan diambil dan dipisahkan dari populasi, sedangkan yang tidak terseleksi dibiarkan. Pada seleksi masa negatif tanaman yang terseleksi dibiarkan dan yang tidak dibuang seleksi masa negatif banyak dilakukan untuk memurnukan varietas unggul yang tercampur atau dalam rangka memproduksi benih ynag terjamin mutu genetiknya.
             Kelebihan seleksi ini yaitu mudah dilaksanakan, murah, dapat dilakukan pada populasi besar, memurnikan varietas galur murni untuk mempertahankan identitas varietas, mendapatkan varietas yang memiliki ketahanan horiazontal dan dapat menekan terjadinya tangkar dalam.
Kelemahanya yaitu memerlukan tempat penanaman yang terpisah dari populasi lain dan kemajuan seleksinya rendah, untuk seleksi masa tidak langsung korelasi antara karakter seleksi dengan karakter tujuan harus tinggi, tanaman homozigot dominan dan heterozogot mempunyai fenotip yang sama sehingga sulit dibedakan.
            Dengan seleksi masa diharapkan diperoleh populasi keturunan dengan frekuensi gen yang diinginkan  lebih besar. Oleh karen itu, efisiensi seleksi ini tergantung dari kecermatan menilai fenotip yang mengganbarkan nilai genotif.
6. Evaluasi Dan Pengujian
            Pengujian dilakukan pada beberapa lokasi dan musim yang disebut dengan multilokasi dilakukan sebelum calon varietas tersebut dilepas sebagai varietas.
7. Pelepasan Varietas Dan Perbanyakan
            Persyaratan pelepasan varietas yaitu silsilah jelas, deskrifsi lengkap, unggul, benih penjenis tersedia dengan cukup.



--------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Go Green Souvenir
Jual souvenir Pernikahan
Souvenir bertema kan go green, souvenir bibit tanaman dan lain-lain. (Partai besar atau kecil)
Hubungi kami ( untuk mendapatkan katalog ):
089 631 383 425
Pin 7db7f6be
berikut beberapa contoh produknya:

























 

                                                                                         
Tags:

Written by

We are the second largest blogger templates author, providing you the most excellent and splendid themes for blogger cms. Our themes are highly professional and seo Optimized.

0 komentar:

Post a Comment

 
@2014 | Published By Pro Templates Lab | Tuts | Designed by Templatezy | Powered By Blogger