Sunday, 7 September 2014

Sejarah Rempah Di Indonesia

Share & Comment
1.      Sejarah Rempah-rempah di Indonesia
Indonesia telah  lama dikenal sebagai  penghasil  rempah-rempah,  seperti kayu manis, pala, kemiri, lada, cengkih, vanili, jahe, kunyit dll. Sejak zaman dahulu nenek moyang telah mengenal rempah-rempah dengan baik. Karena pada zaman dahulu mereka hanya memanfaatkan hasil hutan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Sehingga mereka tahu betul tentang pemanfaatannya,  mereka biasanya menggunakan rempah-rempah  untuk pengawetan makanan, selain itu juga dapat digunakan  untuk bumbu masakan, bahkan digunakan juga untuk obat. Rempah-rempah terlalu mahal untuk hanya menjadi pengawet makanan, sedangkan orang eropa sudah mengawetkan daging dengan cara penggaraman atau pengasapan.  
Rempah-rempah sangat berharga karena asal-usulnya yang tidak diketahui.  Orang Eropa mengenal rempah-rempah dari orang arab. Rempah-rempah di kawasan Eropa merupakan kebutuhan dan juga cita rasa. Selama musim dingin di Eropa, tidak ada salah satu cara pun yang dapat di jalankan untuk mempertahankan agar semua hewan-hewan ternak dapat tetap hidup. Kerena itu banyak hewan ternak yang disembelih dan dagingnya kemudian harus di awetkan. Untuk itulah diperlukan sekali banyak garam dan rempah-rempah.
Pada zaman dahulu rempah-rempah menjadi simbol status yang untuk menikmatinya harus dipamerkan daripada dikonsumsi sendiri.  Rempah-rempah akan diedarkan kepada para tamu dengan baki perak dan emas untuk dibawa pulang.   Rempah-rempah disimpan sebagaimana permata berharga.  Merica seringkali digunakan untuk pembayaran karena harganya sama dengan emas.  Rempah-rempah juga diasosiasikan dengan pengobatan dan kesehatan.  Cengkeh dikunyah untuk menghilangkan bau mulut dan mengobati sakit gigi.
 Pada saat eropa mengalami kelangkaan rempah-rempah yang parah,  Orang-orang Portugal dan Spanyol di abad ke 16 mulai menjalankan misi mencari pulau rempah-rempah dengan armada lautnya untuk mengakhiri dominasi arab dalam perdagangan rempah-rempah. Portugis telah dapat membuat kapal-kapal yang lebih layak dan canggih di bandingkan dengan kapal-kapal sebelumnya memungkinkan mereka melakukan sebuah pelayaran dan melebarkan kekuasaaan ke seberang lautan. Dengan alasan untuk menguasai impor rempah-rempah di kawasan Eropa, bangsa Portugis mencari daerah kawasan penghasil rempah-rempah terbaik, dengan dipimpin  Vasco Da Gama portugis mencapai India dan Maluku  indonesia adalah salah satu penghasil rempah-rempah terbaik. Kemudian Bangsa Portugis menguasai perdagangan rempah-rempah di malaka.
Setelah bangsa portugis, belanda datang ke indonesia  pada 1596. Tujuan belanda datang ke indonesia untuk menguasai perdagangan rempah-rempah. Belanda mendirikan kongsi dagang Hindia Timur di Batavia. Pada masa kekuasaan belanda yang di pimpin Van den Bosch belanda memberlakukan sistem tanam paksa. Rakyat indonesia di paksa untuk menanam rempah-rempah untuk kepentingannya.
Indonesia sangat kaya akan sumberdaya alamnya terutama flora, yang dapat dimanfaatkan untuk bumbu masakan bahkan dapat dimanfaatkan untuk obat-obatan, mulai dari akarnya, daun, biji, kulit dan batangnya. Dengan adanya penjajahan oleh portugis dan  belanda, rempah-rempah di dunia menjadi sangat penting keberadaanya. Tak hanya kaya  bumbu, penanaman rempah-rempah yang dimiliki indonesia juga menjadikan tumbuh subur . semua rempah-rempah bila ditanama di indonesia pasti hasilnya sangat baik
2.      Pengertian Rempah-rempah
           Pengertian rempah-rempah itu sendiri  adalah bagian tumbuhan yang beraroma atau berasa kuat yang digunakan dalam jumlah kecil di makanan atau minuman  sebagai pengawet atau perisa dalam masakan. Rempah-rempah biasanya dibedakan dengan tanaman lain yang digunakan untuk tujuan yang mirip, seperti tanaman obat, sayuran beraroma, dan buah kering. Rempah-rempah biasanya bersifat kering. Rempah merupakan bumbu wajib dalam masakan, tak hanya masakan, rempah juga dapat digunakan pada kue kue sebagai penyedap, pengawet, pewarna dll. Bahkan dapat juga digunakan sebagi obat obatan contohnya seperti kencur untuk luka lebam, jahe untuk menghangatkan tubuh, temulawak untuk penambah nafsu makan. Rempah-rempah biasanya dikeringkan, hal itu agar dapat bertahan lama, selain itu biasanya ditutup rapat kedap udara dan terhindar dari cahaya matahari.
           Rempah- rempah sudah di gunakan beribu-ribu tahun yang lalu. Rempah pun menjadi jajahan oleh para penjajah sejak abad 15-16. Aroma khas rempah menjadi daya tarik bagi para pencinta rempah terutama negara Eropa dan Asia. Rempah dapat tumbuh subur di kawasan Tropis, sehingga para kolonial Portugis, Inggris dan Belanda menguasai Asia hanya untuk mejajah rempah pada waktu itu.
Para pakar dunia berkesimpulan tentang banyaknya manfaat dalam tiap jenis rempah-rempah di Indonesia diantaranya mengandung antioksidan, antibakteri, antikhamir, antikanker, antiseptik, antibiotik. Antioksidan merupakan zat pengikat radikal bebas yang disebabkan dari lingkungan yang tidak baik dan dapat memicu pertumbuhan penyakit dalam tubuh kita dan radikal bebas menjadi suatu hal yang sangat rentan terhadap tubuh kita apalagi di zaman Globalisasi ini.
Contoh rempah-rempah yaitu antara lain :


·         Ketumbar
·         Cengkih
·         Merica atau Lada
·         Kayumanis
·         Kencur
·         Jahe
·         Pala
·         Bawang Merah, Bawang Putih, dan Bawang Bombay 
·         Kemiri
·         Jintan
·         Kalabet
·         Kapulaga
·         Cabai
·         Bangle
·         Asam Kandis dan Asam Jawa

·         Temulawak dll.

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Go Green Souvenir
Jual souvenir Pernikahan
Souvenir bertema kan go green, souvenir bibit tanaman dan lain-lain. (Partai besar atau kecil)
Hubungi kami ( untuk mendapatkan katalog ):
089 631 383 425
Pin 7db7f6be
berikut beberapa contoh produknya:

























 
Tags:

Written by

We are the second largest blogger templates author, providing you the most excellent and splendid themes for blogger cms. Our themes are highly professional and seo Optimized.

0 komentar:

Post a Comment

 
@2014 | Published By Pro Templates Lab | Tuts | Designed by Templatezy | Powered By Blogger