Sebab-sebab Adanya Ayat Muhkam dan Mutasyabih

Share & Comment
Sebab-sebab Adanya Ayat Muhkam dan Mutasyabih
a. Kesamaran Pada Lafal
            Sebagaimana adanya ayat-ayat mutasyabihat dalam al-quran itu disebabkan karena kesamaran pada lafal, baik lafal yang masih mufrad (lafal yang belum tersusun dalam kalimat) ataupun yang sudah murakab (lafal yang tersusun dalam kalimat).
Sebab kesamaran lafal ini ada dua macam, sebagai berikut:
1)      Kesamaran dalam lafal mufrad
Maksud kesamaran dalam lafad mufrad yaitu ada lafal-lafal mufrad yang artinya tidak jelas, baik disebabkan lafalnya yang gharib (asing), atau musytarak (bermakna ganda).
2)      Kesamaran dalam lafal murakkab
Kesamaran dalam lafal murakkab itu disebabkan karena lafal-lafal yang murakkab (lafal yang tersusun dalam kalimat) itu terlalu ringkas, atau terlalu luas, atau karena susunan kalimatnya kurang tertib.


b.  Kesamaran Pada Makna Ayat
            Terkadang terjadinya ayat mutasyabihat itu disebabkan karena adanya kesamaran pada makna ayat. Contohnya seperti makna dari sifat-sifat Allah SWT, seperti sifat Rahman Rahim-Nya, atau sifat Qudrat Iradat-Nya, maupun sifat-sifat lainnya. Dan juga seperti makna dari ihwal hari kiamat, kenikmatan sorga, siksa kubur, dan siksa neraka. Akal pikiran manusia tidak akan bisa menjangkau semua hal tersebut, sehingga makna-maknanya sulit mereka tangkap. Bagaimana mereka mengerti arti maksud ayatnya, sedangkan mereka tidak pernah melihatnya.

c.  kesamaran pada lafal dan makna ayat
            Terkadang adanya ayat mutasyabihat terjadi disebabkan kesamaran dalam lafal dan makna ayat-ayat itu.
Contohnya, ayat 189 surah Al-baqarah:
Artinya: “dan bukanlah kebajikan memasuki rumah-rumah dari belakangnya, akan tetapi kebajikan itu ialah kebajikan orang-orang yang bertakwa.”
Orang yang tidak mengerti adat istiadat bangsa arab pada masa jahiliah, tidak akan paham terhadap maksud ayat tersebut. Sebab, kesamaran dalam ayat tersebut terjadi pada lafalnya, karena terlalu ringkas, juga terjadi pula pada maknanya, karena termasuk adat kebiasaan khusus orang arab, yang tidak mudah diketahui oleh bangsa-bangsa lain.
Imam Ar-Raghib Al-Asfihani dalam kitabnya Mufradatil Qur’an menyatakan, bahwa sebab adanya tasyabuh (kesamaran) dalam al-quran itu pada garis besarnya ada 3 hal, sebagai berikut:
a)      Kesamaran dari aspek lafal saja. Kesamaran ini ada dua macam, sebagai berikut:
- kesamaran dari aspek lafal mufradnya, karena terdiri dari lafal yang gharib (asing), atau yang musytarak (bermakna ganda), dan sebagainya.
- kesamaran lafal murakkab disebabkan terlalu ringkas atau terlalu luas.
b)      Kesamaran dari aspek maknanya, seperti mengenai sifat-sifat Allah SWT, sifat-sifat hari kiamat, sorga, neraka, dan sebagainya. Semua sifat-sifat itu tidak terjangkau oleh pikiran manusia.
c)      Kesamaran dari aspek lafal dan maknanya. Kesamaran ini ada lima aspek, sebagai berikut:
- aspek kuantitas (al-kammiyyah), seperti masalh umum atau kasus. Contohnya ayat 5 surah At-Taubah
-  aspek cara (al-kaifiyyah), seperti bagaimana cara melaksanakan kewajiban agama atau kesunahannya. Contohnya, ayat 14 surah thoha
-   aspek waktu, seperti batas sampai kapan melaksanakan sesuatu perbuatan. Contohnya dalam ayat 102 surah Ali Imran
-  aspek tempat, seperti tempat mana yang di maksud dengan balik rumah, dalam ayat 189 surah Al Baqarah
-   aspek syarat-syarat melaksanakan sesuatu kewajiban juga samar, seperti bagaimana syarat sahnya shalat, puasa, haji, nikah dan sebagainya.


----------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Go Green Souvenir
Jual souvenir Pernikahan
Souvenir bertema kan go green, souvenir bibit tanaman dan lain-lain. (Partai besar atau kecil)
Hubungi kami ( untuk mendapatkan katalog ):
089 631 383 425
Pin 7db7f6be
berikut beberapa contoh produknya:

























Tags:

Written by

We are the second largest blogger templates author, providing you the most excellent and splendid themes for blogger cms. Our themes are highly professional and seo Optimized.

 
@2014 | Published By # | Tuts | Designed by # | Powered By restu agro jaya.