Munasabah Al-Quran

Share & Comment
A.  Pengertian  Munasabah
            Secara etimologi, Munasabah menurut As-Suyuthi berarti al-musyakalah (keserupaan) dan al-muqarabah (kedekatan). Az-Zarkasyi memberi contoh sebagai berikut : fulan yunasib fulan, maka dari kata itu lahir kata “an-nasib” yang berarti kerabat yang mempunyai hubungan seperti dua orang bersaudara dan putra paman. Kata Munasabah digunakan dalam ‘illat dalam bab qiyas, dan berarti Al-Wasf Al-Muqarib li Al-Hukm (gambaran yang berhubungan dengan hukum). Istilah munasabah diungkapkan pula dengan kata Rabth (pertalian).
            Secara terminologi, Munasabah dapat didefinisikan sebagai berikut :
1.      Menurut Az-Zarkasyi
“Munasabah adalah suatu hal yang dapat dipahami. Tatkala dihadapkan dengan akal, pasti akal itu dapat menerimanya.”
2.      Menurut Manna Al-Qaththan
“Munasabah adalah sisi keterikatan antara beberapa ungkapan didalam satu ayat atau antar ayat pada beberapa ayat, atau antar surat (didalam Al-Quran).”
3.      Menurut ibn Al-‘Arabi
“Munasabah adalah keterikatan ayat-ayat Al-Quran sehingga seolah-olah merupakan satu ungkapan yang mempunyai kesatuan makna dan keteraturan redaksi. Munasabah adalah ilmu yang sangat agung.”
4.      Menurut Al-Biqa’i
“Munasabah adalah suatu ilmu yang mencoba mengetahui alasan-alasan dibalik susunan atau urutan bagian-bagian Al-Quran, baik ayat dengan ayat, atau surat dengan surat.”
B.   Cara Mengetahui Munasabah
            Para ulama menjelaskan bahwa pengetahuan tentang munasabah bersifat ijtihadi. Artinya, pengetahuan tentangnya ditetapkan berdasarkan ijtihad kaarena tidak ditemukan riwayat, baik dari Nabi maupun sahabatnya. Oleh karena itu, tidak ada keharusan mencari munasabah pada setiap ayat. Alasannya, Al-Quran diturunkan secara berangsur-angsur mengikuti berbagai kejadian dan peristiwa yang ada.
            Untuk meneliti keserasian susunan ayat dan surat (munasabah) dalam Al-Quran diperlukan ketelitian dan pemikiran yang mendalam. As-Suyuthi menjelaskan ada beberapa langkah yang perli diperhatikan untuk menemukan munasabah ini, yaitu :
a.       Harus diperhatikan tujuan pembahasan suatu surat yang menjadi objek pencarian.
b.      Memperhatikan uraian ayat-ayat yang sesuai dengan tujuan yang dibahas dalam surat.
c.       Menentukan tingkatanuraian-uraian itu, apakah ada hubungannya atau tidak.
d.      Dalam mengambil kesimpulannya, hendaaknya memperhatikan ungkapan-ungkapan bahasanya dengan benar dan tidak berlebihan.

 ----------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Go Green Souvenir
Jual souvenir Pernikahan
Souvenir bertema kan go green, souvenir bibit tanaman dan lain-lain. (Partai besar atau kecil)
Hubungi kami ( untuk mendapatkan katalog ):
089 631 383 425
Pin 7db7f6be
berikut beberapa contoh produknya:

























Tags:

Written by

We are the second largest blogger templates author, providing you the most excellent and splendid themes for blogger cms. Our themes are highly professional and seo Optimized.

 
@2014 | Published By # | Tuts | Designed by # | Powered By restu agro jaya.