Laporan Pemetaan

Share & Comment
LAPORAN PRAKTIKUM
Pemetaan









Disusun oleh:

Ulfah Nurjanah
1211706077



JURUSAN AGROTEKNOLOGI II/B
FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SUNAN GUNUNG DJATI
BANDUNG
2012

       I.            TEORI PENGANTAR
Peta adalah suatu gambaran atau lukisan yang digambarkan pada pemukaan bidang  datar dengan menggunakan skala tertentu. Karena peta ini merupakan sebuah media komnikasi antara manusia dan kodisi lapangan yang dibutuhkan sebagai informasi lokasi lapangan, dan posisi objek-objek di lapangan. Pemetaan dengan pengukuran jarak dan arah dilakukan dengan menentukan titik awalpada daerah yang akan dibuat petanya, sehingga susunan titik-titik tersebut menggambarkan bentuk penyebaran tumbuhan di daerah tersebut
Organisme-organisme hidup (biotic) dan lingkungan tidak hidupnya (abiotic) berhubungan erat dan tak terpisahkan dan saling pengaruh-mempengaruhi satu sama lain.  Satuan yang mencakup semua organisme, yakni “komunitas” di dalam suatu daerah yang saling mempengaruhi dengan lingkungan fisiknya sehingga arus energi mengarah ke struktur makanan, keanekaragaman biotik, dan daur-daur bahan yang jelas (yakni pertukaran bahan-bahan antara bagian-bagian yang hidup  dan tidak hidup) di dalam sistem, merupakan sistem ekologi atau ekosistem  (Odum, 1998).Oleh karena ekosistem mencakup organisme dan lingkungan abiotiknya yang saling berinteraksi, maka ekosistem merupakan satuan dasar fungsional ekologi.
Dalam setiap kegiatan pengumpulan data lapangan, peta selalu digunakan sebagai bahan yang penting mulai dari proses perencanaan, pelaksanaan, sampai dengan pelaporan kegiatan. Demikian pentingnya fungsi dan manfaat peta dalam pencapaian keberhasilan pelaksanaan pengumpulan data lapangan, maka pengetahuan dan pemahaman tentang pemetaan dan aplikasi sistim informasi geografi menjadi mutlak diperlukan bagi seorang peneliti.
Survei lapangan pada kawasan konservasi merupakan kegiatan untuk pengumpulan data dan informasi spesifik dari komponen-komponen penyusun ekosistem, yang mencakup pengukuran atas jenis, analisa vegetasi, topografi, factor biotic dan abiotiknya dan segala yang mempengaruhi interaksi dalam ekosistemnya. Oleh karena itu dalam mempelajari suatu komunitas dan ekosistem diperlukan keterampilan dalam pemetaan, sehingga dalam praktikum dikembangkan pemetaan dengan berbagai metode, yang termasuk di dalamnya adalah metode pemetaan sederhana. Metode pemetaan sederhana meliputi metode pemetaan dengan pengukuran jarak dan arah serta metode pemetaan berdasarkan dua titik konstan.

    II.            TUJUAN PRAKTIKUM
Untuk mengetahui pemetaan yang ada di kebun manglayang serta mempelajari gambaran dan pola penyebaranya.
 III.            ALAT DAN BAHAN
Alat yang digunakan dalam praktikum ini yaitu GPS, pulpen
Bahan yang digunakan dalam praktikum ini yaitu kertas HVS
 IV.             PROSEDUR PELAKSANAAN
Pertama-tama tentukan dua titik konstan,  (misal A dan B), A dan B berjarak 25 m, tentukan juga pada GPSnya lalu pijit tombol max pada GPS, kemudian catat hasil yang ada pada GPS pada  kertas HVS.

    V.            HASIL PENGAMATAN
Note : 25 may 13 
236

Trip odom
143 Km
Max speed
105 Kh
Time
11:28:11
Moving time
07 hrs : 56 min
Moving avg
8,0 Kh
Location
48 M 0802115
UTM 9235812
Stopped
20 hrs : 250 min
Overal avg
5,0 Kh
Elevation
897 m
Dept
------ m
From map pointer
E            2 m
Odometer
 142,63 km
T o H ascend
1267 M
+- 640 m
Avg Map
ok


Biotik
Abiotik
Tumbuhan
Hewan
Alang-alang
Nyamuk
Tanah
Rumput gajah
Semut
Batu-batu
Mahoni
Ulat
Cahaya matahari
Putri malu
Kungkang
kelembaban
Singkong
Jangkrik
suhu
Arey
Kupu-kupu

Cacabean atau babadotan
Lebah

Jukut
Burung

Jambu
Nyamuk

Lumut kierak
Semut

Petri
Ulat

Pakis
Kungkang


 VI.            PEMBAHASAN
Dari hasil praktikum pemetaan yang dilakukan pada lahan tersebut dengan didapat dari GPS yaitu lokasi 48 M 0802115UTM 9235812 Elevation 897 m Odometer 142,63 km yang lainya bisa dilihat pada hasil pengamatan.  Pemetaan ini digunakan untuk mengetahui letak suatu jenis tumbuhan dan pola penyebarannya dalam suatu wilayah (komunitas)..
Pemetaan dilakukan untuk menentukan letak suatu jenis tumbuhan di suatu area dan mempelajari pola penyebaran vegetasi atau tumbuhan di wilayah tersebut misalnya hutan tropis. Ada 3 macam pola penyebaran vegetasi dalam komunitas yaitu :
1.      Pola penyebaran secara acak (random distribution) yaitu pola penyebaran dimanaindividu-individu menyebar pada beberapa tempat dan mengelompok pada tempattertentu. Pada tumbuhan pola penyebaran acak ini dapat terjadi karena penghamburanbenih oleh angin.
2.      Pola penyebaran Seragam (uniform distribution) yaitu pola penyebaran dimana individu-individu terdapat pada tempat tempat tertentu dalam komunitasnya dengan jarak yangrelatif sama. Penyebaran seperti ini dapat terjadi karena adanya persaingan yang kerasantar individu (jenis tumbuhan) untuk memperoleh komponen pemenuh kebutuhantumbuhan seperti cahaya, nutrisi, air dan sebagainya, serta adanya antagonisme positif yang mendorong pembagian ruang yang sama.
3.      Pola penyebaran kelompok (clumped dispertion) yaitu pola penyebaran dimana individu-individu selalu ada dalam kelompok-kelompok dan sangat jarang terlihat terpisah atausendiri. Pengelompokan ini terjadi karena pola reproduksi vegetatif, susunan benih lokaldan fenimena lain dimana benihbanih cenderung tersusun mengelompok.
Pada praktikum ini, dilakukan dengan metode pemetaan dengan pengukuran jarak dan arah dilakukan dengan menentukan titik awal dengan GPS, sehingga susunan titik-titik tersebut menggambarkan bentuk penyebaran tumbuhan di daerah tersebut. Tiap titik merupakan letak dari suatu jenis tumbuhan, kemudian diukur jarak dari satu titik ke tititk yang berikutnya yang berdekatan hingga bertemu kembali ke titik awal.Selain dilakukan pengukuran jarak juga dilakukan penentuan kedudukan atau arah antar titik-titik tersebut, sehingga kita dapat menentukan tumbuhan mana saja yang merupakan sampel dari analisis yang akan dilakukan yang biasanya berada di suatu hutan yang luas dan pengamatan dilakukan secara berkala. Dengan titik-titik tersebut kita dapat menemukan tumbuhan sama yang mana yang merupakan sampel analisis.
Dari hasil analisis yaitu vegetasi yang di dapat pada kedua titik tersebut adalah didapat tumbuhan alang-alang, rumput gajah, mahoni, putri malu, singkong, arey, babadotan atau cacabean, jukut, jambu, lumut kerak, petri, dan pakis, untuk hewannya ada nyamuk, ulat, kungkang, burung, kupu-kupu, lebah dan jangkrik. Sedangkan untuk factor abiotiknya yaitu cahaya matahari, suhu, kelembaban, tanah dan bebatuan.
VII.            KESIMPULAN
Pemetaan dengan pengukuran jarak dan arah dilakukan dengan menentukan titik awalpada daerah yang akan dibuat petanya, sehingga susunan titik-titik tersebut menggambarkan bentuk penyebaran tumbuhan di daerah tersebut. Hasil dari praktikum ini yaitu didapat vegetasi yang tumbuh pada jarak tersebut yaitu alang-alang, rumput gajah, mahoni, putri malu, singkong, arey, babadotan atau cacabean, jukut, jambu, lumut kerak, petri, dan pakis, untuk hewannya ada nyamuk, ulat, kungkang, burung, kupu-kupu, lebah dan jangkrik. Sedangkan untuk factor abiotiknya yaitu cahaya matahari, suhu, kelembaban, tanah dan bebatuan


  
VIII.            DAFTAR PUSTAKA

Anonim. 2012 Akses 3 Juni 2013
Anonim. 2010 Akses 3 Juni 2013 http://semilirsenja.blogspot.com/2010/12/pemetaan-dalam-survei-pendahuluan.html
Anonim . 2010. Pemetaan. (diakses, 3 juni2013) http://pwk.undip.ac.id/d3/Keg_ilmiah/pemetaan.html
Aziz, Rizki. 2012. Akses 3 juni 2013 http://abhelcobain.blogspot.com/2012/03/v-behaviorurldefaultvmlo.html

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Go Green Souvenir
Jual souvenir Pernikahan
Souvenir bertema kan go green, souvenir bibit tanaman dan lain-lain. (Partai besar atau kecil)
Hubungi kami ( untuk mendapatkan katalog ):
089 631 383 425
Pin 7db7f6be
berikut beberapa contoh produknya:

























 

                                                                                         
Tags:

Written by

We are the second largest blogger templates author, providing you the most excellent and splendid themes for blogger cms. Our themes are highly professional and seo Optimized.

 
@2014 | Published By # | Tuts | Designed by # | Powered By restu agro jaya.