Wednesday, 3 September 2014

Hama pada budidaya mangga

Share & Comment
HAMA
1. Sikada atau wereng mangga (Idiocerus niveosparsus. L. dan Indiocerus Clypealis. L.)

a. Bagian tanaman yang diserang
            Hama ini menyerang bagian bunga dan pucuk-pucuk muda yang sedang tumbuh.

b. Tanda-tanda serangan/gejala
-          Hama ini mencari cairan tanaman di dalam pucuk-pucuk, juga di dalam bunga sebagian makanannya. Cairan ini diambil dengan cara dihisap menggunakan moncongnya yang kecil dan runcing. Biasanya wereng mangga ini tinggal menggerombol di pucuk-puduk muda atau pada bunga, kemudian mererka berlomba-lomba menghisap cairan tanaman.
-          Wereng mangga akan muncul kembali ketika tanaman sedang membentuk tunas baru menjelang berbunga, biasanya pada musim kemarau.
-          mula-mula werenng betina meletakkan telur pada pucuk-pucuk muda, atau pada bunga. Telur ini diletakkan berderet-deret, setiap deret berisi 2-12 telur. Enam hingga delapan hari kemudian telur menetas menjadi nimfa (wereng muda).

c. Penyebab/penularan
            Penyebabnya adalah musim kemarau yang terlalu panjang. Penularan disebarluaskan oleh wereng itu sendiri.




d. Pencegahan
-          Pemupukan
o   Pemupukan secukupnya dan pengairan tanaman mangga dimusim kemarau, agar kondisi tanaman tetap terjaga.
-          Pengasapan
o   Tujuan pengasapan ini adalah untuk mengusir dan mencegah wereng betina meletakkan telurnya. Cara ini sering dilakukan oleh petani dengan jalan menaruh jerami padi di bawah pohon mangga untuk dibakar. Pengasapan ini dilakukan 3 kali dalam seminggu.

e. Pemberantasan
            Secara mekanik
Pucuk-pucuk yang terserang dipangkas, jika dalam satu pohon hanya sebagian kecil saja yang terserang.
            Dengan insektisida
Insektisida yang dipakai adalah yang punya sifat sistemik, seperti Dimercon 50 EC, Gusadrin 150 SCW, Monitor 20 EC, serta furadan 36. Penggunaan insektisida ini dilakukan karena mangga yang dimakan oleh wereng adalah cairan tanaman.


2. Chlumetia transversa
            Hama ini biasanya terdapat pada pohon mangga yang kurang baik pertumbuhan, misalnya di daerah yang yang volume curah hujannya besar dan ketinggalan tempat tidak sesuai dengan persyaratan bagi pohon mangga.

a. Bagain tanaman yang diserang
            Hama ini menyerang dan merusak tunas-tunas pohon. Telur-telur chlumetia ini diletakkan pada daun-daun yang masih muda, terutama dibagian atas daun dan kadang-kadang di bagian bawah kuncup dekat tepi daun.

b. Tanda-tanda serangan/gejala
            Setelah telur chlumetia menetes, ulat tersebut masuk ke dalam ibu tulang daun dan selama hidup ulat-ulat itu makan bagian daun yang terletak di sebelah ibu tulang daun. Sering juga ulat itu masuk sampai ke tanggkai daun.


c. penyebab/penularan
-          Peralihan musim dan kondisi lingkungan yang terlalu lembab dan kotor.
-          Penularan oleh serangga itu sendiri dengan cara menyebar kan telur.

d. Pencegahan
            Dapat dicegah dengan cara menyiram tunas-tunas muda dengan konsentrasi leadarsenat 1%. Penyiraman dapat dilakukan apabila tunas itu baru kelar, dan diulang 8 hari sekali sehingga tunas itu menjadi dewasa.

e. Pemberantasan
            Serangan larva yang parah dapat diberantas dengan menggunakan obat-obatan kimia sperti Fenthion, Dipel (Thuricide). Sedangkan serang yang disebakan oleh serangga tersebut dapat diberantas dengan menggunakan Furadan dan Diazinon.

3. Ulat tergelang merah (Noorda albizonalis)
            Ulat ini panjang kira-kira 2cm, berwarna keputih-putihan, sebelah atas terdapat gelang-gelang merah muda warnanya. Setelah menjadi kupu-kupu, panjangnya kira-kira mencapai 13cm.

a. Bagian tanaman yang diserang
            Ulat-ulat ini banyak memakan daging dan biji mangga sampai hampir habis dirusak.

b. Tanda-tanda Serangan/gejala
            Buah yang terserang menjadi lubang-lubang, kadang-kadang juga bercalah lubang yang dibuat oleh noorda itu dipakai oleh binatang-binatang kecil lain, misalnya oleh lalat buah..

c. Penyebab/penularan
-          Tahap pembungaan yang tidak bersamaan dalam satu pohon dan kebersihan lingkungan kurang.
-          Penularan oleh kupu-kupu dari ulat yang bergelang merah sebagai vektornya.

d. Pencagahan
            Pencegahan dapat dilakukan dengan seperti pencegahan hama Chlumetia transversi.

e. Pemberantasan
            Pemberantasan dapat dilakukan dengan penyemprotan obat kimia fenthion.
4. Ulat mangga lembayung (philotroctis eutrapphera meyr)
            Telur ini mula-mula berwarna putih, kemudian merah. Kebanyakan telur diletakkan pada bagian-bagian buah yang tidak rata (berbenjol-benjol dan pada tangkai buah). Setalah menetas ulat ini berwarna lembayung kemerah-merahan.

a. Bagian tanaman yang diserang
            Ulat ini senang makan biji dan daging buah masuknya bagain lekukan kulit buah dengan cara melubangi.

b. Tanda-tanda serangan/gejala
            Tangkai buah menguning, beberapa bagian berlubang-lubang. Kemudian merambat sampai ke bagian buah, sehingga lebih separo dari buah-buah itu dirusak dan banyak yang rontok.

c. Penyebab/penularan
            Penyebabnya adalah kelembaban dan curah hujan yang tinggi. Penularannya melalui persinggungan antar cabang yang berdekatan dan bersinggungan hingga timbul luka.

d. Pencegahan
            Mangga yang masih muda, sekaligus tangkainya, dibungkus dengan karung gandum  atau kain blanco yang dicelupkan dalam cairan Bordeauxche pap, atau dapat juga dilakukan dengan menyemprot ketika buah masih kecil.

e. pemberantasan
            Pemberantasan dapat dilakukan dengan penyemprotan Larvasida seperti Fenthion, Dipel (Thuricide). Dapat juga dengan mengasapi pohon dari bawah.

5. Kutu perontok daun mangga (Aspidiotus)
            Hama ini disebut juga kutu perisai, sebab tubuhnya ditutupi oleh tameng (perisai) sebagai tempat berlindung dari mussuh-musuhnya. Kutu betina berwarna kuning terang, tubuhnya bulat pipih. Sedangkan yang jantan berwarna kemerahan, bentuknya lonjong bersayap. Hama ini termasuk family Diaspididae, ordo Homoptera. Bersifat folipag, yaitu makan berbagai jenis tanaman, sekalipun tanaman ini dari jenis family lain.


a. Bagian tanaman yang diserang
            Hama ini terutama menyerang daun-daun muda, di bagian pucuk tanaman, pada permukaan daun muda, terutama permukaan bawah.

b. Tanda-tanda searngan/gejala
            Pada permukaan daun muda, terutama permukaan bawahnya, banyak terdapat bintik-bintik coklat kekuningan. Sepintas kilas bintik-bintik tersebut tidak begitu nampak, karaena warnanya hampir menyerupai permukaan daun bawah, juga karena ukurannya yang kecil. Pada serangan yang hebat daun tidak hanya berbintik, tetapi juga menggulung. Kalau bagian yang berbintik ini dikorek dengan pisau silet, akan ditemukan binatang kecil yang ukurannya dibawah 1mm.
            Daun-daun yang rontok ini disebabkan oleh aktivitas kutu-kutu kecil yang berjumlah banyak yang secara terus menerus menghisap cairan daun. Daun yang diserang akan kehabisan cairan, dan akhirnya akan kering dan rontok.

c. Penyebab penularan
            Nimfa bisa dengan mudah terbawa angin dan air hujan.

d. Pemcegahan
Pencegahan dapat dilakukan dengan pemberian insektisida sistemik, seperti Furadan 3 G Cyrater 3 G, yang diberikan pada tanah di ddekat akar tanaman.

e. Pengendalian
-          pucuk tanaman yang sudah terserang harus segaera dipangkas dan dibakar, supaya kutu, nimfa dan telur mati.
-          Tanaman disemprot dengan insektisida sistemik yang bisa menyusup kejaringan daun.

-          Penyemprotan dengan insektisida kontak, hasilnya akan kurang memuaskan karena tidak bisa menembus perisai yang melindungi kutu.
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Go Green Souvenir
Jual souvenir Pernikahan
Souvenir bertema kan go green, souvenir bibit tanaman dan lain-lain. (Partai besar atau kecil)
Hubungi kami ( untuk mendapatkan katalog ):
089 631 383 425
Pin 7db7f6be
berikut beberapa contoh produknya:

























 

                                                                                         
Tags:

Written by

We are the second largest blogger templates author, providing you the most excellent and splendid themes for blogger cms. Our themes are highly professional and seo Optimized.

0 komentar:

Post a Comment

 
@2014 | Published By Pro Templates Lab | Tuts | Designed by Templatezy | Powered By Blogger