dasar genetik salak

Share & Comment
Dasar Genetik Tanaman
Tanaman salak memiliki keragaman genetik yang tinggi. Di dunia terdapat sekitar 20 spesies salak, 3 spesies di antaranya tersebar di Asia Tenggara dan sebagian besar ditemukan di Indonesia. Tiga spesies salak yang enak dimakan yaitu S. zalacca, S. sumatrana, dan S. affinis. Buah salak dapat dipanen 2-3 kali dalam setahun bila tanaman dipelihara dengan baik.
Tanaman salak merupakan tanaman berumah dua,  dimana bunga jantan dan bunga betina berada pada pohon yang berbeda tetapi masih pada tanaman yang sama. Penyerbukan yang dilakukan menggunakan bantuan angin dan manusia. Penyerbukan dengan bantuan angin tidak efektif, karena perbandingan antara jumlah tanaman jantan dan betina yang belum ideal. Petani cenderung menanami lahannya dengan 90% tanaman betina dan 10% tanaman salak jantan. Peranan tenaga manusia untuk memperlancar dalam proses penyerbukan sangat besar artinya karena banyak sedikitnya hasil buah tergantung kepada berhasil atau tidaknya proses penyerbukan ini. Namun demikian penyerbukan salak juga dapat dilakukan dengan bantuan serangga (secara alami).
Untuk mengetahui perbedaan jenis tanaman salak jantan atau betina dapat dilihat dari bunganya :
1) Bunga salak jantan mempunyai ciri-ciri bentuk panjang dan bercabang radial simetris, mempunyai mahkota dan mata tunas bunga kecil-kecil yang rapat. Sebelum selubung bunga mekar sempurna, telah kelihatan berwarna putih kekuning-kuningan.

2) Bunga betina berbentuk agak bulat, tidak begitu kelihatan bercabang.Mempunyai mahkota dan mata tunas pada tangkai lebar.

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Go Green Souvenir
Jual souvenir Pernikahan
Souvenir bertema kan go green, souvenir bibit tanaman dan lain-lain. (Partai besar atau kecil)
Hubungi kami ( untuk mendapatkan katalog ):
089 631 383 425
Pin 7db7f6be
berikut beberapa contoh produknya:

























 

                                                                                         
Tags:

Written by

We are the second largest blogger templates author, providing you the most excellent and splendid themes for blogger cms. Our themes are highly professional and seo Optimized.

 
@2014 | Published By # | Tuts | Designed by # | Powered By restu agro jaya.