Monday, 1 September 2014

Ciri Adaptasi dan Ekologi Pohon Randu

Share & Comment
Ciri Adaptasi dan Ekologi Pohon Randu

Kapuk randu yg punya nama ilmiah Ceiba pentandra, merupakan tanaman tropis. Meskipun berasal dari Amerika Tengah dan Selatan, juga Karibia dan Afrika, kapuk randu juga dengan mudah dapat ditemukan di wilayah Asia, seperti Indonesia, Malaysia dan Filipina.
Ciri-ciri pohon kapuk randu :  Batang seperti tiang lurus berduri. Daun sedikit berwarna hijau. Bunga berwarna buram, berbau harum dan indah. Biji mengandung minyak dan bulu biji seperti sutera yang dinamai dengan kapuk. Biji berwarna hijau ketika masih muda dan kulit berwarna coklat setelah randu tua. Tinggi batang ini bias mencapai 70 meter, pohon Kapuk sering menarik perhatian dengan membuat ‘badai salju’ akibat helai-helai kapuk yang berguguran.













Sel kapuk randu adalah seperti halnya dengan sel kapas yang berbentuk memanjang, perbedaannya antara Sel Kapuk Randu yaitu pada sel kapuk tidak terdapat torsi, sehingga sel kapas hanya berupa lumen (ronggasel) yang dibatasi oleh dinding sel dengan lingkungan luar.
Oleh karena itu sel kapuk mampu menyimpan udara sehingga baik digunakan sebagai bahan isolasi. Serat kapuk banyak digunakan sebagai bahan kasur atau bantal. Biasanya, kasur jika telah lama digunakan, maka sel-sel kapuknya akan terisi air yang berasal dari keringat kita, sehingga tidak empuk lagi. Oleh karena itu, kasur tersebut harus dijemur di bawah terik matahari, untuk menguapkan  airnya, sehingga dapat dipakai kembali.
Serat kapuk berasal dari sel epidermis dari kulit buah. Sel-sel ini mulai tumbuh kira-kira 16 hari sesudah pembungaan, yaitu waktu pembelahan sel telur dan ada kepastian buah tidak rontok.
Serat yang sudah tua membentuk lumen yang kosong berdinding tipis dan terisi udara serta tertutup pada kedua ujungnya. Dindingnya licin dan dilapisi lapisan lilin sehingga serat kapuk sangat ringan dan mempunyai kemampuan mengisolasi panas dan suara. Dinding serat kapuk licin dan tidak terpilin sehingga serat kapuk tidak dapat dipinta lmenjadi benang karena antara serat yang satu dengan yang lain tidak melekat menjadi satu.
Randu beradaptasi dengan meranggas atau menggugurkan daunnya begitu musim kemarau tiba. Uniknya pohon yang berkayu lunak ini, begitu daunnya habis justru bunganya  mulai bermunculan. Munculnya bunga randu ( juga untuk bunga dhadhap dan turi) sering dijadikan sebagai pertanda datangnya musim dingin (bhs.Jawa:  mbedhidhing) oleh orang Jawa.Tentu musim dingin di Indonesia, khususnya di Jawa tidaks ama ( tidak sedingin ) dengan musim dingin di daerah lintang sedang dan kutub
Secara alami terdapat pada 16º LU di AS, terus ke Amerika Tengah sampai 16º LS di Amerika Selatan. Biasa terdapat didataran pesisir sampai diatas 500 m dpl, dengan hujan tahunan 1000-2500 mm dan suhu dari 20 sampai 27º C.
Dibudidayakan secara luas didaerah tropis antara 16º LU sampai 16º LS.Dapat tumbuh diatas berbagai macam tanah, dari tanah berpasir sampai tanah liat berdraina sebaik. Menghendaki tanah aluvial, sedikit asam sampai netral. Dapat hidup pada daerah kering dan temperature dibawa hol dalam jangka pendek; peka terhadap kebakaran. Pada saat berbuah, suhu dibawah 15ºC dapat merusak
Di Indonesia, pohon Kapuk paling banyak tumbuh liar di PulauJawa, terutama di wilayah wonogiri, Gunung Kidul, Karang anyar, Yogyakarta, dan masih banyak lagi. Dalam bahasa Jawa, kapuk sering disebut sebagai kapas jawa, kapok jawa atau pohon kapas sutra.
Menurut kelas-kelas vegetasi dalam biosfer, randu termasuk dalam biocycle daratan, biochore ( bioma ) hutan, khususnya hutan (tumbuhan) musim. Artinya, ketika musim kemarau tumbuhan ini akan menggugurkan daunnya untuk mengurangi penguapan melalui daunnya. Berdasarkan hal tersebut, pohon randu sering dikelompokkan pada kelompok vegetasi tropofit. Sedangkan berdasarkan klasifikasi tumbuhan berdasarkan kebutuhan airnya, pohon randu termasuk kelompok vegetasi mesofit. Perbanyakan tumbuhan ini bias melalui biji atau stek batang
Manfaat dari sipohon Kapuk ini, 26% dr pohon kapuk adalah biji, yang biasa disebut klenteng. Biji kapuk ini mampu menghasilkan minyak goreng yang lebih baik dari minyak kelapa sawit. Kenapa? Karena minyak Kapuk tidak mengandung kolesterol, tidak berbau dan mengandung omega 3, 6, dan 9. Namun karena kandungan asam lemak ny atinggi, minyak kapuk ini gampang tengik, sehingga kurang direkomendasikan menjadi minyak makanan.
Minyak kapuk ini bagus dijadikan bahan bakar alternatif! Caranya mudah. Minyak biji kapas ini harus melewati tiga proses, yaitu :
-proses pengambilan minyak biji kapuk
-pemurnian minyak dan proses transesterifikasi.
Minyak hasil akhir ini bias langsung di jadiin pengganti BBM. Sayang belum ad  investor yang melirik. Kulit buah kapuk juga cocok dijadiin bahan membuat kertas, sabun dan  baking soda. Selain itu kandungan potassium dan abu di dalamnya membuat kulit buah kapuk pas dijadiin pupuk.
Di banya klokasi, kapuk ditanam untuk reforestasi, konservasi air dan untuk mensuplai kayu bakar juga untuk pembuatan pagar. Selain itu, daun kapuk randu ini juga sangat bagus buat memperbaiki tanah.


Tags:

Written by

We are the second largest blogger templates author, providing you the most excellent and splendid themes for blogger cms. Our themes are highly professional and seo Optimized.

0 komentar:

Post a Comment

 
@2014 | Published By Pro Templates Lab | Tuts | Designed by Templatezy | Powered By Blogger