Tujuan dan proses Tataniaga Pertanian

Share & Comment
Tujuan dan Proses Tataniaga Pertanian
Tujuan Tataniaga Pertanian
Terhadap petani produsen, tataniaga pertanian bertujuan antara lain untuk mengarahkan keputusan-keputusan petani produsen itu dalam hal-hal berikut:
a.      Apa yang akan dihasilkan atau diproduksikan dan bagaimana menjualnya.  Hal ini perlu diketahui karena keinginan konsumen berbeda-beda.
b.      Kapan dan dimana membeli barang-barang kebutuhan untuk keperluan produksi dan konsumsi.
c.       Kapan dan dimana menjual hasil yang telah diperoleh melalui proses proses produksi sehingga menguntungkan.
d.      Berapa banyak pekerjaan yang harus disumbangkan terhadap tatniaga baik sebagai individu maupun sebagai anggota masyarakat.

Terhadap pedagang perantara (middleman), tataniaga pertanian bertujuan antara lain untuk mengarahkan keputusan-keputusan pedagang perantara dalam hal-hal sebagai berikut:
a.         Apa yang akan dilakukan untuk memperluas pasar.
b.         Bagaimana memperoleh dan balas jasa tanpa tanpa mengurangi kepuasan produsen terhadap harga yang diterimanya, dan tanpa mengurangi kepuasan konsumen atas harga yang dibayar terhadap barang yang diterimanya.


 


1    Proses Tataniaga
Dengan bertitik tolak dari pengertian dan definisi tataniaga, maka dalam proses tataniaga terdapat dua ciri yaitu:
a.         Proses tataniaga merupakan suatu pergerakan yang terdiri dari sekumpulan kegiatan-kegiatan dan peristiwa-peristiwa yang berlangsung dalam beberapa rentetan.
b.         Berbagai bentuk koordinasi yang diperlukan terhadap sekumpulan kegiatan dan peristiwa itu dalam menggerakan barang-barang dan jasadengan cara yang teratur dari tangan produsen ke tangan konsumen.
Kumpulan peristiwa-peristiwa yang ada dalam tataniaga pertanian dibagi atas tiga proses kegiatan yakni:
a.         Proses pengumpulan (Concentration Process)
Pada proses ini, hasil pertanian dikumpulkan oleh pedagang-pedagang pengumpul menjadi suatu jumlah yang besar pada tempat yang mudah untuk menyalurkannya kepada pedagang-pedagang besar secara efisien.
b.         Proses pengimbangan (Equalization Process)
Proses ini dimaksudkan untuk menjaga keseimbangan penawaran (Supply) dan permintaan (Demand) berdasarkan waktu, jumlah dan kualitas.Untuk hasil pertanian yang bersifat musiman proses ini sangat penting agar tetap dapat di jaga keseimbangan jumlah permintaan dengan jumlah penawaran.
c.         Proses penyebaran (Dispersion Process)

       Proses ini dimaksudkan untuk menyebarkan dan mendistribusikan barang-barang (dalam unit-unit yang kecil) kepada bermacam-macam konsumen.barang-barang itu dialirkan dari pedagang besar ke pedagang pengecer sampai tiba kepada konsumen.



-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Go Green Souvenir
Jual souvenir Pernikahan
Souvenir bertema kan go green, souvenir bibit tanaman dan lain-lain. (Partai besar atau kecil)
Hubungi kami ( untuk mendapatkan katalog ):
089 631 383 425
Pin 7db7f6be
berikut beberapa contoh produknya:




















Tags:

Written by

We are the second largest blogger templates author, providing you the most excellent and splendid themes for blogger cms. Our themes are highly professional and seo Optimized.

 
@2014 | Published By # | Tuts | Designed by # | Powered By restu agro jaya.