Thursday, 28 August 2014

Transformasi Pertanian

Share & Comment
1.        Transformasi Pertanian
Ciri Sektor Pertanian Di Indonesia
            Ciri sektor pertanian di Indonesia dapat dikatagorikan berdasarkan ciri spesifik sektor pertanian dalam perekonomian Indonesia, antara lain :
a.      Pertanian di Indonesia merupakan pertanian tropis. Dalam artian bahwa sepanjang tahun tanaman pertanian mendapatkan sinar matahari. Oleh karenanya iklim di Indonesia tidak mengenal iklim dingin atau musim dingin, musim gugur atau musim semi. Tipe iklim yang berbeda juga akan menentukan tipe tanaman yang diusahakan oleh petani-petani di Indonesia.
b.      Pertanian di Indonesia hanya mengenal musim hujan dan musim kemarau. Biasanya musim hujan terjadi pada bulan September-Oktober dan di akhiri pada bulan Maret-April. Di awal musim hujan biasanya petani mengusahakan tanaman padi, karena irigasinya tersedia dalam jumlah yang cukup. Sebaliknya, di daerah yang irigasinya tidak tersedia dalam jumlah yang memadai, diusahakan tanaman palawija, seperti kedelai, jagung, dan yang lainnya.
c.       Pertanian di Indonesia dicirikan oleh pengusahaannya dalam luas usaha yang relatif sempit, kurang dari satu hektar. Luas usaha yang demikian dicirikan oleh adanya tanaman bahan makanan. Sebaliknya di daerah yang usaha pertaniannya dilakukan dalam jumlah yang luas, maka diusahakan tanaman perkebunan seperti kopi, karet, dan sebagainya.
d.      Pertanian di Indonesia juga dicirikan oleh luasnya lahan kering dibandingkan dengan lahan sawah. Lahan kering dapat berupa tegalan, tanah di pegunungan atau padang alang-alang. Khusus di Indonesia bagian timur, persentase luas lahan kering malah lebih luas.
1.             Konsepsi tentang keterkaitan sektor pertanian dan industri.
Sektor pertanian menjadi tumpuan utama di pendapatan nasional, dalam pergeserannya ke kegiatan di sektor industri yang lebih cepat dari pertumbuhan di sektor pertanian. Hal ini karena sumber daya sektor pertanian terbatas, tetapi hasil pertanian dan juga sumber daya yang lain dapat di pakai sebagai bahan baku industri. Sumberdaya seperti tanah, dan aset yang lainnya akan terserap ke sektor industri. Makin cepat proses pertumbuhan sektor industri makin cepat pula transfer sumber daya yang semula di pergunakan di sektor pertanian.
Transfer sumber daya ini dapat bersifat internal atau eksternal. Sifat internal misalnya transfer sumber daya dari sektor satu ke sektor lainnya di dalam negri, dan eksternal berarti terjadi transfer sumber daya ke sektor lain ke luar negri. Misalnya, ekspor barang dan jasa.
2  Sektor Pertanian, Sektor Industri dan Ketenagakerjaan di Pedesaan
            Peranan sektor pertanian dan industri dalam perekonomian nomian Indonesia merupakan sektor yang penting setelah hasil ekspor minyak dan gas menurun
Adanya transfer sumberdaya dari sektor pertanian ke sektor industri bukan saja berakibat terhadap perubahan struktur ekonomi Indonesia yang dinyatakan oleh besaran relatif dari nilai PDB, tetapi juga berpengaruh terhadap masalah ketenagakerjaan khususnya tenaga kerja yang semula bekerja di sektor pertanian. Hal ini sebenarnya sudah dimaklumi oleh kalangan ahli ekonomi maupun oleh Pemerintah. Dalam hubungannya dengan masalah ketenagakerjaan, paling tidak ada dua hal yang perlu mendapatkan perhatian, yaitu :
a.       Masalah kekurangan lapangan kerja secara umum.
b.      Masalah ketimpangan penyebaran lapangan kerja yang ada, baik antar sektor,antar jabatan, maupun antar daerah.

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Go Green Souvenir
Jual souvenir Pernikahan
Souvenir bertema kan go green, souvenir bibit tanaman dan lain-lain. (Partai besar atau kecil)
Hubungi kami ( untuk mendapatkan katalog ):
089 631 383 425
Pin 7db7f6be
berikut beberapa contoh produknya:























Tags:

Written by

We are the second largest blogger templates author, providing you the most excellent and splendid themes for blogger cms. Our themes are highly professional and seo Optimized.

0 komentar:

Post a Comment

 
@2014 | Published By Pro Templates Lab | Tuts | Designed by Templatezy | Powered By Blogger