Thursday, 28 August 2014

Tanah, tenaga kerja dan modal sebagai faktor produksi

Share & Comment
Tanah, tenaga kerja dan modal sebagai faktor produksi
v   Tanah sebagai salah satu faktor produksi
Merupakan pabriknya hasil-hasil pertanian yaitu tempat dimana produksi berjalan dan darimana hasil produksi keluar.Tanah sebagai faktor produksi mempunyai kedudukan yang penting, hal ini bisadibuktikan dengan besarnya balas jasa yang diterima oleh tanah dibandingkan faktor-faktor produksi lainnya. Balas jasa dari tanah dapat berupa inatura (bagi hasil)maupun sewa tanah berupa uang tunai (rent).Tinggi rendahnya sewa tanah tergantung dari :- kesuburan tanah (kemudian juga letak dari pasar) (defferential rent).- adanya kelangkaan (scarcity rent)- kegunaan tanah untuk usaha tertentu.Naik turunnya sewa tergantung naik turunnya harga komoditi, bukan sebaliknya.
Modal yaitu barang atau uang yang bersama-samafaktor produksi tanah dan tenaga kerja menghasilkan barang baru yaitu dalam hal ini hasil pertanian. Misal : ternak beserta kandangnya, cangkul, bajak dan alat-alatpertanian lain, pupuk, bibit, hasil panen yang belum dijual, tanaman yang belumdijual, tanaman yang masih di sawah dll.Berdasarkan penggunaan uang, modal yaitu uang yang tidak dibelanjakan, jadidisimpan kemiudian untuk diinvestasikan.Kredit yaitu suatu transaksi antara dua pihak dimana yang pertama disebut kreditormenyediakan sumber-sumber ekonomi berupa barang, jasa atau uang dengan janjibahwa pihak kedua (debitor) akan membayar kembali pada waktu yang telah ditentukan.
Gunanya kredit yaitu sebagai suatu alat untuk membantu penciptaan modal.
Macam macam  kredit :
a. Kredit investasi, yaitu kredit yang dipakai untuk membiayai pembelian baran- barang modal yang bersifat tetap yaitu habis dalam suatu proses produksi. Misal:tanah, ternak, mesin-mesin dll.
b. Kredit Modal Kerja, yaitu kredit yang tidak untuk investasi. Misal: pupuk, bibit,pestisida, upah dan tenaga kerja.
v  Modal Sebagai Faktor Produksi
Ganti rugi atau balas jasa dari modal yaitu berupa bunga modal atau rente yangbiasanya diukur dalam persen dari modal p[okok untuk satu kesatuan waktu tertentu misalnya bper bulan, per triwulan, pertahun.
Macam modal berdasar asalnya :
a.       Modal Sendiri (equity capital).
b.      Modal pinjaman (credit)
c.        Modal pemberian
Macam modal berdasar sumberdaya :
a. Modal fisik atau modal materiil. Modal fisik merupakan jelmaan daripengetahuan mengenai cara-cara dan metode-metode baru yang bersifat tehnis(technological knowledge).Misal: bibit, alat-alat pertanian, ternak dsb.
b. Modal immateriil / manusiawi (human capital). Modal manusiawi merupakan jelmaan pengetahuan mengenai cara-cara dan metode-metode baru yang sifatnya organisatoris atau managerial (managerial knowledge). Misal: bertambahnya ketrampilan petani.
v  Tenaga kerja sebagai faktor produksi
Tenga kerja dikatakan sebagai faktor produksi karena adanya balas jasa berupaupah tenaga kerja. Di masayarakat yang sedang berkembang seperti Indonesia,tenaga kerja melimpah ruah sehingga upah tenaga kerja relatif murah. Sedang dinegara maju (seperti Amerika) jumlah tenaga kerja untuk usahatani relatif langka sehingga perlu efisiensi tenaga kerja
Beberapa syarat untuk menjamin efisiensi tenaga kerja yang maksimum :
a. persediaan tanah harus cukup
b. alat-alat pertanian, mesin-mesin dan tanaga kerja (power) harus cukup
c. Ilmu pengetahuan dan tehnologi pertanian harus cukup
d. Management useahatani harus jempolan (uperior)
Macam tenaga kerja berdasar penggunaannya :
a. Tenaga kerja untuk usahatani kecil-kecilan (usahatani pertanian rakyat). Tenagakerja ini sebagian besdar berasal dari keluarga petani sendiri, terdiri dari ayah,anak dan isteri petani. Tenaga kerja keluarga tidak dinilai dengan uang. Bilakurang maka petani minta tolong kepada tetangga atau familinya.
b. Tenaga kerja untuk perusahaan pertanian yang besar seperti perkebunan,kehutanan, peternakan dsb. Tenaga kerja ini sebagian besar berasal dari luar keluarga.
Kedudukan petani dalam usahatani :
a. Menyumbangkan tenaga (labor)

b. Sebagai pemimpin (manager)


-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Go Green Souvenir
Jual souvenir Pernikahan
Souvenir bertema kan go green, souvenir bibit tanaman dan lain-lain. (Partai besar atau kecil)
Hubungi kami ( untuk mendapatkan katalog ):
089 631 383 425
Pin 7db7f6be
berikut beberapa contoh produknya:




















Tags:

Written by

We are the second largest blogger templates author, providing you the most excellent and splendid themes for blogger cms. Our themes are highly professional and seo Optimized.

0 komentar:

Post a Comment

 
@2014 | Published By Pro Templates Lab | Tuts | Designed by Templatezy | Powered By Blogger