Thursday, 28 August 2014

Sumber pupuk kandang

Share & Comment
Sumber Pupuk Kandang
Pupuk kandang dapat diperoleh dari kotoran hewan ternak peliharaan seperti ayam, sapi, kuda, kambing, dan babi.
1)   Pupuk kandang ayam
Pemanfaatan pukan ayam termasuk luas. Umumbya dipergunakan oleh petani sayuran dengan cara mengadakan dari luar wilayah tersebut. Misalnya petani kentang di Dieng mendantangkan pukan ayam yang disebut dengan Chicken Manure (CM) atau Kristal dari Malang, Jawa Timur.
Pupuk kandang ayam boiler mempunyai kadar hara P yang relatif lebih tinggi dari pukan lainnya. Kadar hara ini dangat dipengaruhi oleh jenis konsentrat yang diberikan. Selain itu pula dalam kotoran ayam tersebut tercampur sisa-sisa makanan ayam serta sekam sebagai alas kandang yang dapat menyumbangkan tamkbahan hara kedalam pukan terhadap sayuran.
Beberapa hasil penelitian aplikasi pukan ayam selalu memberikan respon tanaman yang terbaik pada musim pertama. Hal ini terjadi karena pukan ayam relative lebih cepat terdekomposisi serta mempunyai kadar hara yang cukup pula jika dibandingkan dengan jumlah unit yang sama dengan pukan lainnya (Widowati el al, 2005). Pemanfaatan pukan ayam ini bagi pertanian organic menemui kendala karena ayam mengandung hormone yang dapat mempercepat pertumbuhan ayam.

2)   Pupuk kandang sapi
Diantara jenis pukan, pukan sapilah yang mempunai kadar serat yang tinggi seperti selulosa, hal tersebut terbukti dari hasil pengukuran parameter C/N rasio yang vukup tinggi >40. Tingginya kadar C dalam pukan sapi menghambat penggunaan langsung kelahan pertanian karena akan menekan pertumbuhan tanaman utama. Penekanan pertumbuhan terjadi karena mikroba decomposer akan menggunakan N yang tersedia untuk mendekomposisi bahan organic tersebut sehingga tanaman utama akan kekurangan N, untuk memaksimalkan penggunaan pukan sapi harus dilakukan pengomposan agar menjadi kompos pukan sapi dengan rasio C/N dibawah 20. Selain masalah rasio C/N, pemanfaatan pukan sapi secara langsung juga berkaitan dengan kadar air yang tinggi. Petani umumnya menyebutnya sebagai pupuk dingin. Bila pukan dengan kadar air yang tinggi diaplikasikan secara langsung akan memerlukan tenaga yang lebih banyak serta proses pelepasan amoniak masih berlangsung.

3)   Pupuk kandang kuda
Jumlah populasi kuda lebih rendah disbanding ternak lainnya, sehingga jumlah kotoran kuda juga lebih sedikit volume nya. Puka kuda banyak dipergunakan oleh petani sekitar peternakan kuda saja. Sebelum digunakan kotoran kuda dimasukkan dalam lubang dan dibiarkan terdekomposisi secara alami kemudian baru digunakan untuk pertanian. Apabila dibandingkan dengan kotoran sapi, kotoran kuda mempunyai rasio C/N lebih rendah. Rendahnya rasio ini berkaitan dengan henis pakan misalnya dedak. Hasil analisis pukan kuda ternyata banyak mengandung hara Mg.

4)   Pupuk kandang kambing
Tekstur dari kotoran kambing adalah khas, karena berbentuk butiran-butiranyang agak sukar dipecah secara fisik sehingga sangat berpengaruh terhadap proses sekomposisi dan proses penyediaan haranya. Nilai rasio C/N kambing umumnya masih diata 30. Pupuk kandang yang baik harus mempunyai rasio C/N <20, sehingga pukan kambing kaan lebih baik penggunaannya bila dikomposkan terlebih dahulu. Kalaupun akan digunakan secara langsug, pukan ini akan emberikan manfaat yang lebih baik pada musim kedua pertanaman.
Kadar air pukan kambing relative lebih rendah dari pukan sapid an sedikit lebih tinggi dari pukan ayam.Kadar hara pukan kambing mengandung kalium yang relative lebih tinggi dari pukan lainnya. Sementara kadar hara N dan P hampir sama dengan pukan lainnya.

5)   Pupuk kandang babi
Pemanfaatan pukan babi di Indonesia hanya terdapat di beberapa lokasi tertentu yang berdekatan dengan peternakan babi. Pukan babi mempunyai tekstur yang lembek dan akan bertambah cair bila bercampur dengan urine. Peternakan babi telah mengetahui bagaimana memisahkan urine ini dengan padatannya, lalu menumpukkannya disuatu tempat untuk didekomposisi terlebih dahulu. Para petanu disekitar peternakan babi mencampurkan pukan ini dengan pukan ayam atau kambing karena dari pengalaman petani jika pukan babi diaplikasikan secara terpisah pertumbuhan tanaman sayuran kurang baik. Komposisi hara kotoran babi sangat dipengaruhi oleh umur. Akan tetapi secara umum pukan babi cukup mengandung hara P tetapi rendah Mg.



-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Go Green Souvenir
Jual souvenir Pernikahan
Souvenir bertema kan go green, souvenir bibit tanaman dan lain-lain. (Partai besar atau kecil)
Hubungi kami ( untuk mendapatkan katalog ):
089 631 383 425
Pin 7db7f6be
berikut beberapa contoh produknya:




















Tags:

Written by

We are the second largest blogger templates author, providing you the most excellent and splendid themes for blogger cms. Our themes are highly professional and seo Optimized.

0 komentar:

Post a Comment

 
@2014 | Published By Pro Templates Lab | Tuts | Designed by Templatezy | Powered By Blogger