Thursday, 28 August 2014

Pupuk kandang dan jenis-jenisnya

Share & Comment
Pupuk kandang atau pukan didefinisikan sebagai semua produk buangan dari binatang peliharaan yang dapat digunakan untuk menambah hara, memperbaiki sifat fisik, dan biologi tanah. Apabila dalam memelihara ternak tersebut diberi alas seperti sekam pada ayam, jemari pada sapi, kerbau dan kuda, maka alas tersebut akan dicampur menjadi satu kesatuan dan disebut sebagai pukan pula atau pupuk kandang.

2.2 Jenis Pupuk Kandang
Pupuk kandang mengandung unsur hara makro dan mikro. Unsur hara mikro yang terkandung dalam pupuk kandang di antaranya kalsium, magnesium, belerang, natrium, besi, tembaga, dan molibdenum. Beberapa petani diberbagai daerah memisahkan antara pupuk kandang yang padat dan pupuk kandang yang cair.
1)   Pupuk kandang padat
Pupuk kandang (pukan) padat merupakan kotoran ternak yang berupa padatan baik yang belum dikomposkan maupun yang sudah dikomposkan sebagai sumber hara terutama N bagi tanaman dan dapat memperbaiki sifat kimia, biologis, dan fisika tanah. Pupuk kandang padat (makro) banyak mengandung unsur fosfor, nitrogen, dan kalium.
Pengaruh pupuk kandang (pukan) padat sangat berbeda dengan pupuk kandang (pukan) cair. Penanganan pukan padat oleh petani pada umumnya adalah sebagai berikut:
Kotoran ternak besar dikumpulkan 1-3 hari sekali pada saat pembersihan kandang dan dikumpulkan dengan cara ditumpuk disuatu tempat tertentu. Petani yang telah maju ada yang memberikan mikriba decomposer dengan tujuan untuk mengurangi bau dan mempercepat pematangan, tetapi banyak pula petani yang hanya sekedar menumpuk dan dibiarkan sampai pada waktunya digunakan ke lahan.

2)   Pupuk kandang cair
Pupuk kandang (pukan) cair merupakan pupuk kandang yang berbentuk cair berasal dari kotoran hewan yang masih segar yang bercampur dengan urine hewan atau kotoran hewan yang dilarutkan didalam air dan dalam perbandingan tertentu. Umumnya urine hewan cukup banyak dan yang telah dimanfaatkan oleh petani adalah urine sapi, kerbau, kuda, babi, dan kambing. Kandungan nitrogen dalam urine hewan ternak tiga kali lebih besar dibandingkan dengan kandungan nitrogen dalam kotoran padat.
Pupuk kandang (pukan) cair dibuat dari kotoran ternak yang masih segar, bila dari kotoran kambing, sapi, domba, dan ayam. Petani pertanian organic di Kenya membuat pupuk kandang (pukan) cair dari 30-50 kg kotoran hewan yang masih segar dimasukkan ke dalam karung goni yang terbuat dari serat kasar rami diikat kuat, ujung karung di ikatkan pada sebuah tongkat sepanjang 1m untung menggantung karung pada drum, kemudian karung tersebut direndam pada drum berukuran 200 l yang berisi air. Secara berkala 3 hari sekali kotoran dalam karung diaduk dengan mengangkat dan menurunkan tongkat beserta karung. Untuk melarutkan pukan dibutuhkan waktu sekitar 2 minggu. Pupuk kandang (pukan) yang melarut siap digunakan bila air sudah berwarna coklat gelap dan tidak berbau. Cara penggunaan pukan cair dengan disiramkan ketanah bagian perakaran tanaman dan dengan takaran satu bagian pukan cair dicampur dengan satu atau dua bagian air. Ampas dari pukan cair dimanfaatkan sebagai mulsa.
Pupuk kandang terdiri dari dua bagian, yaitu:
1)      Pupuk dingin
Pupuk dingin adalah pupuk yang berasal dari kotoran hewan yang diuraikan secara perlahan oleh mikroorganime sehingga tidak menimbulkan panas, contohnya pupuk yang berasal dari kotoran sapi, kerbau, dan babi.
2)      Pupuk panas

Pupuk panas adalah pupuk yang berasal dari kotoran hewan yang diuraikan mikroorganisme secara cepat sehingga menimbulkan panas, contohnya pupuk yang berasal dari kotoran kambing, kuda, dan ayam. 

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Go Green Souvenir
Jual souvenir Pernikahan
Souvenir bertema kan go green, souvenir bibit tanaman dan lain-lain. (Partai besar atau kecil)
Hubungi kami ( untuk mendapatkan katalog ):
089 631 383 425
Pin 7db7f6be
berikut beberapa contoh produknya:




















Tags:

Written by

We are the second largest blogger templates author, providing you the most excellent and splendid themes for blogger cms. Our themes are highly professional and seo Optimized.

0 komentar:

Post a Comment

 
@2014 | Published By Pro Templates Lab | Tuts | Designed by Templatezy | Powered By Blogger