Potensial Air Pada Jaringan Tumbuhan

Share & Comment
LAPORAN PRAKTIKUM


Potensial Air Pada Jaringan Tumbuhan


Disusun oleh:

Ulfah Nurjanah
1211706077



JURUSAN AGROTEKNOLOGI II/B
FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SUNAN GUNUNG DJATI
BANDUNG
2012

Potensial Air Pada Jaringan Tumbuhan

I. Landasan Teori
Air merupakan bahan yang sangat penting bagi kehidupan, demikian pentingnya sehingga tidak mungkin ada kehidupan tanpa air. Potensial air suatu sistem termasuk jaringan tumbuhan menunjukan kemampuan sistem tersebut untuk melakukan kerja dibandingkan dengan air murni pada tekanan atmosfer dan suhu yang sama. Apabila nilai potensial tekanan pada larutan meningkat, maka kemampuan larutan untuk melakukan kerja (potensial iar larutan ) juga meningkat.(Salisbury,1995)
    -PA   =   TO  -  T
 
Suatu cara sederhana untuk mengukur potensial air jaringan tumbuhan , dapat dilakukan dengan meredam jaringan tersebut. Berikut persamaan potensial air :

Dalam suatu larutan yang telah diketahui potensial airnya.dengan demikian akan dapat diketahui apakah terjadi potensial osmotik atau potensial air pada jaringan  atau larutan peredam tersebut, apakah keduanya akan bersifat isotonik, hipertonik atapun hipotonik. Berdasarkan ada tidaknya perubahan sifat cairan pada larutan peredam ataupun cairan jaringan , akan dapat di ketahui potensial air jaringan. Metoda yang dapat digunakan yaitu: a). metoda volume konstan  dan b). metoda Chardakov.
Prinsip dari metoda Chardakov adalah dengan menganalisis perubahan densitas larutan yang telah diketahui kepekatanta. Prinsip kerjanya adalah faktor penting penggerka air dari satu system larutan ke system larutan yang lain (difusi) adalah adanya beda konsentrasi (gradient konsentrasi ) atau beda potensial airnya. Semakin besar gradient konsentrasi semakin besar tenaga yang menggerakan molekul air untuk berdifusi ke daerah hipotonis ke hipertonis. 



I.     Tujuan Praktikum
Tujuan dari praktikum ini yaitu :
v  untuk mengukur potensial air pada jaringan  dengan cara Chardokav

II.    Alat dan Bahan
Alat yang digunakan dalam praktikum potensial air pada jaringan tumbuhan yaitu:
a.         Tabung reaksi (6 buah)
b.        Pengebor gabus berdiameter 1 cm
c.         Silet
d.        Pipet tetes
e.         Pinset

Bahan  yang digunakan dalam praktikum potensial air pada jaringan tumbuhan yaitu :
v  Daun Rhoeodiscolor
v  Larutan sukrosa Larutan sukrosa 0,1 M;  0,2M;; 0,3M; M; 0,4 M; 0,5 dan 0,6 M

III. Cara Kerja

 
IV.   Hasil Pengamatan dan Pembahasan
5.1 Data Hasil Pengamatan
Tabung no
Kel
Kons
1
2
3
4
1
0,1 M
+
+
+
+
2
0,2 M
+ +
+ +
+ +
+
3
0,3 M
+ + +
+ + +
+ + +
+ + +
4
0,4 M
+ + +
+ + +
+ + +
+ + +
5
0,5 M
+ + +
+ + +
+ + +
+ + +
6
0,6 M
+ + +
+ + +
+ + +
+ + +
Ket: mengembang  + , Melayang + + ,tenggelam + ++
Potensial air pada jaringan dari daun yang diuji berdasarkan data berikut

Larutan
Potensial air (atm)
0,1 M
-2,6
0,2 M
-5,3
0,3 M
-8,1
0,4 M
-11,1
0,5 M
-14,3
0,6 M
-17,8


5.2 Pembahasan

Pada metode volume-jaringan, sampel jaringan yang diinginkan dimasukkan ke dalam seri larutan sukrosa dengan beragam konsentrasi yaitu 0,1 – 0,6 M. Larutan terbaik untuk pengukuran ini adalah larutan yang tidak mengubah volume jaringan, artinya tidak ada air yang masuk atau yang keluar. Ini menandakan bahwa jaringan dan larutan berada dalam keadaan kesetimbangan. Keadaan ini merupakan keadaan ideal dimana persamaan Ψw = Ψs. Artinya, potensial air yang kita cari sama dengan nilai potensial osmotik atau solutnya. VS. Chardacov menciptakan  metode yang sederhana namun efisienuntuk menentukan larutan uji yang tak berubah konsentrasinya. (Salisbury,1995).
Prinsip kerjanya adalah tabung uji yang berisi larutan dengan konsentrasi bertingkat diberi sedikit warna dengan cara melarutkan sedikit kristal zat warna, pada praktikum ini kita menggunakan metilen blue. Sampel jaringan juga dimasukkan ke dalam tabung uji yang berisi larutan dengan konsentrasi setara, tapi tanpa zat warna. Diperlukan waktu untuk pertukaran air, tapi jaringan tidak perlu mencapai kesetimbangan dengan larutan. Waktu yang dibutuhkan itu adalah 60 menit. Setelah itu, jaringan diangkat, dan setetes kecil larutan metilen dijatuhkan ke tabung uji. Jika tetesan warna itu mengambang naik, maka larutan perendam jaringan tadi telah menjadi lebih pekat, menandakan jaringan telah menyerap air. Maka dalam hal ini jaringan mempunyai potensial air lebih rendah dari  pada larutan awal.  Jika tetesan tenggelam, larutan telah menjadi kurang pekat; berarti larutan telah menjadi kurang pekat, berarti larutan telah menyerap air dari jaringan. Maka larutan mempunyai potensial air lebih rendah dari pada jaringan awal.. Jika larutan melayang, maka tidak terjadi perubahan konsentrasi. artinya potensial air larutan sama dengan potensial air jaringan.
Pada praktikum ini di dapat konsentrasi pada 0,1 pada semua kelompok adalah mengambang. Itu artinya larutan perendam jaringan tadi telah menjadi lebih pekat, menandakan jaringan telah menyerap air. Maka dalam hal ini jaringan mempunyai potensial air lebih rendah dari  pada larutan awal.  Pada konsentrasi 0,2 pada kelompok 1,2, dan 3 hasilnya adalah melayang. Itu artinya tidak terjadi perubahan konsentrasi. artinya potensial air larutan sama dengan potensial air jaringan. Sedangkan pada kelompok 4, hasilnya mengambang.  Pada konsentrasi 0,3-0,6 M pada semua kelompok hasilnya adalah tenggelam.  Itu artinya larutan telah menjadi kurang pekat; berarti larutan telah menjadi kurang pekat, berarti larutan telah menyerap air dari jaringan.
Dalam praktikum ini, dapat diketahui pada kelompok 1,2 dan 3 potensial airnya adalah -5,3 pada  konsentrasi 0,2 M. Sedangkan pada kelompok 4 potensial airnya adalah -13,4 pada konsentrasi 0,2-0,3 M tidak terjadi perubahan konsentrasi. artinya potensial air larutan sama dengan potensial air jaringan. Jadi pada percobaan potensial air jaringan dengan metode chardakov, semakin tinggi konsentrasi larutan akan semakin tinggi kemungkinan larutan jaringan untuk jatuh.

5.3 Pertanyaan :
  1. Berapakah nilai potensial air jaringan dari daun yang diuji?
  2. Mengapa tanda dari potensial air negative?
  3. Apakah arti dari hasil larutan biru yang mengambang, melayang dan tenggelam ?
  4. Jika larutan sukrosa  memiliki potensial air -11,1 atm, sedangkan sel daun memiliki potensial air -8,1 , kemanakah air akan mengalir? Apakah larutan akan menjadi lebih pekat atau lebih encer?
Jawab
1.    Nilai potensial air pada jaringan daun Rhoeodiscolor yaitu pada kelompok 1-3 = -5,3 sedangkan pada kelompok 4 = -13,4
2.    Karena fluk menuju gradien tekanan terendah atau bawah.
3.    Jika tetesan warna itu mengambang naik, maka larutan perendam jaringan tadi telah menjadi lebih pekat, menandakan jaringan telah menyerap air. Maka dalam hal ini jaringan mempunyai potensial air lebih rendah dari  pada larutan awal.  Jika tetesan tenggelam, larutan telah menjadi kurang pekat; berarti larutan telah menjadi kurang pekat, berarti larutan telah menyerap air dari jaringan. Maka larutan mempunyai potensial air lebih rendah dari pada jaringan awal.. Jika larutan melayang, maka tidak terjadi perubahan konsentrasi. artinya potensial air larutan sama dengan potensial air jaringan.
4.    Jika larutan sukrosa memiliki potensial air -11.1 atm, sedangkan sel daun memiliki potensial air -8,1, maka air akan mengalir dari sel daun ke larutan sukrosa, karena pada kondisi ini potensial air pada sel daun bersifat hipotonik sedangkan larutan sukrosa memiliki potensial air yang rendah/hipertonik. Jadi potensial air hipotonik akan berpindah pada larutan yang potensial airnya lebih rendah. Maka larutan akan lebih sukrosa akan lebih encer karena potensial air dari sel daun akan masuk ke larutan sukrosa tersebut.
  
V.      Daftar Pustaka
1.    Hasani, Sofiya. 2012. Penuntun Praktikum Dasar-dasar Fisiologi Tumbuhan.
2.    Salisbury, Frank B, Dkk. 1995. Fisiologi Tumbuhan Jilid 1. Bandung : ITB
3.    Darmawan, Januar. 2010. Dasar-dasar Ilmu  Fisiologio  Tanaman. SITC

4.    (online) akses 18 oktober 2012 pukul 09.42 http://www.scribd.com/doc/109155632/Laporan-Anfistum-Acara-5-Tekanan-Osmosis-Cairan-Sel-Dan-Potensial-Air

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Go Green Souvenir
Jual souvenir Pernikahan
Souvenir bertema kan go green, souvenir bibit tanaman dan lain-lain. (Partai besar atau kecil)
Hubungi kami ( untuk mendapatkan katalog ):
089 631 383 425
Pin 7db7f6be
berikut beberapa contoh produknya:

























Tags:

Written by

We are the second largest blogger templates author, providing you the most excellent and splendid themes for blogger cms. Our themes are highly professional and seo Optimized.

 
@2014 | Published By # | Tuts | Designed by # | Powered By restu agro jaya.