Thursday, 28 August 2014

PERMINTAAN DAN PENAWARAN DALAM PRAKTIK

Share & Comment
2.1.            Pengertian Permintaan Dan Penawaran
a.    Permintaan
Ahli ekonomi mengatakan bahwa permintaan menggambarkan keadaan keseluruhan dari hubungan antara harga dan jumlah permintaan. Sedangkan jumlah barang yang diminta dimaksudkan sebagai banyaknya permintaan pada suatu tingkat harga tertentu. Jadi, permintaan merupakan keinginan konsumen untuk membeli suatu barang pada berbagai tingkat harga selama periode waktu tertentu.
Faktor-faktor yang memengaruhi permintaan antara lain harga barang itu sendiri, harga barang lain yang terkait, tingkat pendapatan perkapita, selera atau kebiasaan, jumlah penduduk, dan usaha-usaha produsen meningkatkan pendapatan.
Dx = f (Px, Py, Y, T, N)
 
 




Di mana:
Dx = permintaan akan barang x
Px = harga x
Py = harga y
Y = pendapatan per kapita
T = selera
N = jumlah penduduk

Hukum permintaan pada hakikatnya menyatakan bahwa makin rendah harga suatu barang, makin banyak permintaan atas barang tersebut; sebaliknya makin tinggi harga suatu barang makin sedikit permintaan atas barang tersebut.

2
Ditinjau dari orang yang meminta, maka permintaan dapat dibedakan atas :
·      Permintaan individual, yaitu permintaan yang datang seorang individu
·      Permintaan kolektif atau permintaan pasar (market demand), yaitu kumpulan dari permintaan-permintaan individual
1.    Skedul Dan Kurva Permintaan
Skedul permintaan adalah daftar hubungan antara harga suatu barang dengan tingkat permintaan barang tersebut. Sedangkan kurva permintaan dapat didefinisikan sebagai suatu kurva yang menggambarkan hubungan antara harga suatu barang tertentu dengan jumlah barang tersebut yang diminta pada konsumen.
2.    Perubahan Jumlah Yang Diminta Dan Perubahan Permintaan
Perubahan permintaan terjadi karena dua sebab utama, yaitu perubahan harga dan perubahan faktor nonharga (faktor ceteris paribus), misalnya pendapatan, selera, dan sebagainya. Perubahan harga menyebabkan perubahan harga yang diminta, tetapi perubahan tersebut hanya terjadi dalam satu kurva yang sama. Ini yang disebut pergerakan permintaan sepanjang kurva permintaan (movement along demand curve).
Sedangkan kurva permintaan akan bergeser ke kanan atau ke kiri jika terdapat perubahan permintaan yang ditimbulkan oleh faktor nonharga. Kurva permintaan yang bergeser ke sebelah kanan menunjukkan terjadinya pertambahan dalam permintaan. Atau sebaliknya, pergeseran kurva permintaan ke sebelah kiri berarti bahwa permintaan telah berkurang.
b.    Penawaran
Dalam analisis ekonomi, jumlah barang yang ditawarkan berarti jumlah barang yang ditawarkan pada tingkat harga tertentu. Sedangkan penawaran berarti keseluruhan dari kurva penawaran. Penawaran yang dinyatakan dalam hubungan matematis dengan faktor-faktor yang memengaruhinya disebut fungsi penawaran.


3
Faktor-faktor yang menentukan tingkat penawaran adalah harga barang itu sendiri, harga barang lain yang terkait, harga faktor produksi, biaya produksi, teknologi produksi, jumlah pedagang atau penjual, tujuan perusahaan, dan kebijakan pemerintah. Persamaan matematisnya yaitu :
Sx = f (Px, Py, Pi, C, tek, ped, tuj, kebij)
 
 




Di mana :
Sx    = penawaran atas barang x
Px    = harga x
Py    = harga y (barang substitusi atau komplementer)
Pi     = harga input/faktor produksi
C     = biaya produksi
Tek  = teknologi produksi
Ped  = jumlah pedagang/penjual
Tuj   = tujuan perusahaan
Kebij= kebijakan pemerintah

Hukum penawaran pada dasarnya menyatakan bahwa semakin tinggi harga suatu barang makin banyak jumlah barang tersebut yang akan ditawarkan oleh para penjual, sebaliknya makin rendah harga suatu barang makin sedikit jumlah barang tersebut yang ditawarkan oleh para penjual.
1.    Skedul dan kurva penawaran
Skedul penawaran adalah daftar hubungan antara harga suatu barang dengan tingkat penawaran barang tersebut. Sedangkan kurva penawaran dapat didefinisikan sebagai suatu kurva yang menggambarkan hubungan antara harga suatu barang tertentu dengan jumlah barang tersebut yang ditawarkan para produsen.



4
2.    Perubahan jumlah yang ditawarkan dan perubahan penawaran
Perubahan harga menyebabkan perubahan harga yang ditawarkan, tetapi perubahan itu hanya terjadi dalam satu kurva yang sama. Ini yang disebut pergerakan penawaran sepanjang kurva penawaran (movement along supply curve). Sedangkan kurva penawaran akan bergeser ke kanan atau ke kiri jika terdapat perubahan penawaran yang ditimbulkan oleh faktor-faktor bukan harga.
Kurva penawaran yang bergeser ke sebelah kanan menunjukkan terjadinya pertambahan dalam penawaran. Dan sebaliknya, pergeseran kurva penawaran ke sebelah kiri berarti bahwa penawaran telah berkurang.
c.    Keseimbangan pasar
Pasar dalam ilmu ekonomi adalah besarnya permintaan dan penawaran pada suatu jenis barang atau jasa tertentu. Berdasarkan definisi ini maka sering dijumpai pengertian-pengertian pasar seperti pasar tenaga kerja, pasar modal dan sebagainya. Pasar dibedakan atas :
a.    Pasar konkret ialah suatu tempat dimana para pembeli dan para penjual berkumpul untuk memperjual-belikan barang-barangnya.
b.    Pasar abstrak ialah suatu tempat dimana para pembeli dan para penjual berkumpul untuk memperjual-belikan barang-barangnya akan tetapi barang-barang yang diperjual-belikan tidak terdapat di tempat tersebut, di sana biasanya hanya terdapat contoh-contohnya saja.
Keseimbangan pasar atau ekuilibrium adalah dimana keadaan jumlah yang ditawarkan para penjual pada suatu harga tertentu adalah sama dengan jumlah yang diminta para pembeli pada harga tersebut. Harga keseimbangan adalah harga dimana, baik konsumen maupun produsen sama-sama tidak ingin menambah atau mengurangi jumlah yang dikonsumsi dan yang dijual.
Jika harga di bawah harga keseimbangan, maka terjadi kelebihan permintaan karena permintaan akan meningkat dan penawaran menjadi berkurang. Sebaliknya, jika harga melebihi harga keseimbangan, maka terjadi kelebihan penawaran karena penawaran meningkat dan permintaan menurun.
5
Perubahan faktor lain di luar harga yang memengaruhi permintaan atau penawaran yang menimbulkan keadaan keseimbangan yang berubah, yaitu :
a.    Permintaan bertambah (kurva permintaan bergeser ke kanan).
b.    Permintaan berkurang (kurva permintaan bergeser ke kiri).
c.    Penawaran bertambah (kurva penawaran bergeser ke kanan).
d.   Penawaran berkurang (kurva penawaran bergeser ke kiri).

Masing-masing perubahan tersebut dapat berubah sendiri atau permintaan dan penawaran berubah secara serentak.

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Go Green Souvenir
Jual souvenir Pernikahan
Souvenir bertema kan go green, souvenir bibit tanaman dan lain-lain. (Partai besar atau kecil)
Hubungi kami ( untuk mendapatkan katalog ):
089 631 383 425
Pin 7db7f6be
berikut beberapa contoh produknya:













































Tags:

Written by

We are the second largest blogger templates author, providing you the most excellent and splendid themes for blogger cms. Our themes are highly professional and seo Optimized.

0 komentar:

Post a Comment

 
@2014 | Published By Pro Templates Lab | Tuts | Designed by Templatezy | Powered By Blogger