Pancasila sebagai Ideologi bangsa dan Negara Indonesia

Share & Comment
Pancsila sebagai Ideologi Bangsa dan Negara Indonesia
a. Pengertian Ideologi
Kata ideology berasal dari bahasa yunani yaitu eidios dan logos. Eidios berarti gagasan dan logos artinya berbicara (ilmu). Maka, secara etimologis ideology adalah berbicara tentang ilmu yang mempelajari tentang gagasan. Gagasan yang dimaksud adalah gagasan yang murni dan menjadi landasan atau pedoman dalam kehidupan masyarakat yang ada atau berdomisili di negara di mana mereka berada.

b.      Definisi Ideologi
Dalam beberapa kamus atau referensi,dapat terlihat definisi Ideologi ada beberapa macam. Keanekaragaman definisi ini dipengaruhi oleh latar belakang keahlian dan fungsi lembaga yang member definisi tersebut. Keanekaragaman tersebut dapat dilihat sebagai berikut:
a.      Destult de tracy
Ideologi adalah bagian dari filsafat yang merupakan ilmu-ilmu seperti pendidikan,etika,politik dan sebagainya.
b.      Laboratorium IKIP Malang
Ideologi adalah seperangkat nilai,ide, dan cita-cita,serta pedoman metode melaksanakan/mewujudkan.
c.       Kamus Ilmiah Populer
Ideologi adalah cita-cita yang merupakan dasar salah satu sistem politik, paham kepercayaan, dan seterusnya (Ideologi sosialis,Ideologi Islam dan lain-lain)
d.      Prof. Dr. Maswadi Rauf (ahli Ilmu Politik Universitas Indonesia )
Ideologi adalah rangkaian kumpulan nilai yang disepakati bersama untuk menjadi landasan atau pedoman dalam mencapai tujuan atau kesejahteraan bersama.
Bedasarkan beberapa definisi Ideologi Pancasila diatas, dapat disimpulkan bahwa Pancasila adalah kumpulan nilai/norma yang meliputi sila-sila Pancasila sebagaimana tercntum dalm pembukaan UUD 1945 alinea IV yang telah ditetapkan pada 18 Agustus 1945.



c.       Pancasila sebagai Ideologi Terbuka
Ideologi terbuka adalah ideologi yang dapat berinteraksi dengan ideologi yang lain. Artinya, ideologi Pancasila dapat mengikuti perkembangan yang terjadi pada Negara lain yang memiliki ideology yang berbeda dengan Pancasila dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat. Hal ini karena ideology Pancasila memiliki nilai-nilai yang meliputi:
`1) Nilai Dasar
            Nilai dasar adalah nilai yang merupakan reprentasi dari nilai atau norma dalam masyarakat,bangsa,negara Indonesia. Nilai dasar merupakan nilai yang tidak bisa berubah-ubah sepanjang bangsa Indonesia berpedoman kepada nilai tersebut. Contohnya: sila-sila yang ada pada alinea IV UUD 1945.
2) Nilai Instrumental
Nilai Instrumental adalah nili pendukung utama dari nilai dasar. Nilai ini mengikuti setiap perkembangan zaman,baik di dalam maupun di luar negri. Contohnya: Tap MPR,UU,PP.
3) Nilai Praktis

Nilai praktis adalah nilai yang harus ada dalam penyelenggaraan Negara. Sifat nilai ni adalah abstrak. Artinya berupa semangat para penyelenggara Negara untuk membangun sila-sila dalam pancasila secara konsekuen dan istiqomah. Contohnya: member teladan untuk tidak melakukan KKN.
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Go Green Souvenir
Jual souvenir Pernikahan
Souvenir bertema kan go green, souvenir bibit tanaman dan lain-lain. (Partai besar atau kecil)
Hubungi kami ( untuk mendapatkan katalog ):
089 631 383 425
Pin 7db7f6be
berikut beberapa contoh produknya:




















Tags:

Written by

We are the second largest blogger templates author, providing you the most excellent and splendid themes for blogger cms. Our themes are highly professional and seo Optimized.

 
@2014 | Published By # | Tuts | Designed by # | Powered By restu agro jaya.