Manfaat pupuk kandang

Share & Comment
Manfaat dai pupuk kandang telah diketahui selama berabad-abad lampau bagi pertumbuhan tanaman baik pangan maupun perkebunan. Yang harus mendapatkan perhatian khusus dalam penggunaan pukan adalah kadar haranya yang sangat bervairasi.

Penggunaan pupuk kandang sudah dilakukan petani sejak lama, tapi penggunaan dalam jumlah besar menimbulkan kesulitan dalam sumber penyediaan, pengangkutan dan aplikasinya. Pupuk kandang dapat berasal dari peternakan sendiri, dari sekitar lokasi lahan pertanian atau didatangkan dari lokasi lain.
Secara umum, pupuk kandang digunakan untuk meningkatkan kesuburan tanah baik fisik, kimia, maupun biologi tanah. Dari segi kimia, pupuk kandang adalah sumber beberapa hara seperti nitrogen, fosfor, kalium, dan lainnya. Namun kekurangan kalium pada sebagian lokasi tertentu tidak dapat dikoreksi dengan takaran umum pupuk kandang.

Manfaat Pupuk kandang bagi sifat fisik tanah adalah memperbaiki sifat fisik tanah seperti struktur, kemampuan menahan air dan porositas tanah. Pemberian pupuk kandang secara terus menerus dapat menyebabkan tanah menjadi gembur, mudah diolah, dan menyimpan air lebih lama. Sedangkan dari sisi biologi tanah, pemberian pupuk kandang dapat meningkatkan aktivitas organisme tanah seperti cacing, semut, dll karena merupakan sumber makanan bagi hewan di dalam tanah, meningkatkan pertumbuhan mikroba dan perputaran hara dalam tanah. 
Tags:

Written by

We are the second largest blogger templates author, providing you the most excellent and splendid themes for blogger cms. Our themes are highly professional and seo Optimized.

 
@2014 | Published By # | Tuts | Designed by # | Powered By restu agro jaya.