Thursday, 28 August 2014

Kitab-kitab ilmu al-jarh wa at-ta’dil

Share & Comment
Kitab-kitab ilmu al-jarh wa at-ta’dil
            Kitab-kitab yang membahas ilmu al-jarh wa at-ta’dil, mulai muncul pada abad ke-2 hijriah. Yakni ketika modifikasi ilmu mulai marak di segenap penjuru wilayah islam.
            Karya-karya tersebut adalah karya-karya Imam Yahya Ibn Ma’in (158-235 H), Ali Ibn Al-Madiny (161-234 H), dan Imam Ahmad Ibn Hambal (164-241 H ) kemudian muncul secara berturut-turut karya berikutnya yang lebih luas uraiannya, mencakup berbagai bidang berbagai pendapat para tokoh al-jarh wa at-ta’dil tentang rawi-rawi yang lebih banyak jumlahnya. Karya itu mencakup sekitar 40 karya, baik yang dicetak maupun yang masih bebentuk manuskrip, sampai abad VII H.
Karya-karya tersebut memiliki ukuran yang berbeda-beda, mulai yang paling kecil yang terdiri dari satu jilid dan memuat ratusan rawi, sampai yang terbesar yang terdiri dari puluhan jilid dan memuat ribuan rawi.
Metode yang digunakannya pun berbeda-beda. Mulai dari yang membatasi karyanya dengan menyebut rawi-rawi yang dhaif dan kadzab saja. Sampai ada juga yang membatasi pada rwai-rawi yang tsiqat saja. Namun, ada juga yang memadukan antara rawi-rawi tsiqat dengan rawi-rawi dhaif. Karya-karya ini sebagian besar disusun secara alphabet.
Karya-karya yang pertama-tama sampai kepada kita adalah kitab Ma’rifat Ar-Rujal karya Yahya Ibn Ma’in , kitab Adh-Dhu’afa karya Imam Muhamad Bin Ismail Al-Bukhari (194-256 H.) dan telah dicetak di india pada tahun 1325 H. Dan bersamanya dicetak pula kitab Adh-Dhu’afa Wa Al-Matrukin karya Imam Ahmad Ibn Syuaib Ali An-Nisa (215-303 H.)
Karya-karya ulama mutaqadimin yang paling lengkap adalah kitab Al-Jarh Wa At-Ta’dil karya Abdurrahman Ibn Abu Hatim Ar-Razi (240-327 H.). kitab ini terdiri dari empat juz dalam format yang besar dan memuat 1.850 biografi. Dicetak di india pada tahun 1375 H. dalam sembilan jilid. Jilid pertama merupakan muqaddimah-nya dan masing-masing juz lainnya terdiri dari dua jilid.
Termasuk karya-karya yang popular adalah kitab at-tsiqat karya Abu Hatim Bin Hibban Al-Busty yang wafat tahun 354 H. dan Al-Kamil Fi Ma’rifat Dhu’afa Al –Muhadditsin Wa ‘illal Al-hadist karya Al-Hafidz Abdullah Ibn Muhamad (Ibn Addiy) Al-Jurjaniy(277-365 H. )
Adapun karya cetakan yang paling lengkap dalm bidang ini adalah kitab  Mizan Al-I’tidal karya Imam Syamsuddin Muhammad Ibn Ahmad Adz-Dzahabi (673-748 H.) yang di cetak beberapa kali dan terakhir di mesir pada tahun 1382 H/1963 M dalam tiga juz memuat 1.105 biografi.
Begitu juga. Kitab lisan Al-mizan  karya Al-Hafidz Syihabuddin Ahmad Ali (Ibn Hajar) Al-Asqalani (773-852 H.) yang memuat semua hal yang dimuat Al-Mizan dengan beberapa tambahan. Didalamnya terdapat 14.343 biografi, dan dicetak di india pada tahun 1329-1331 H. dalam enam juz.

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Go Green Souvenir
Jual souvenir Pernikahan
Souvenir bertema kan go green, souvenir bibit tanaman dan lain-lain. (Partai besar atau kecil)
Hubungi kami ( untuk mendapatkan katalog ):
089 631 383 425
Pin 7db7f6be
berikut beberapa contoh produknya:
















































Tags:

Written by

We are the second largest blogger templates author, providing you the most excellent and splendid themes for blogger cms. Our themes are highly professional and seo Optimized.

0 komentar:

Post a Comment

 
@2014 | Published By Pro Templates Lab | Tuts | Designed by Templatezy | Powered By Blogger