Jenis-jenis spesies anggrek

Share & Comment

Jenis Bunga Anggrek – Bunga Anggrek mempunyai bentuk yang sangat beragam dan warnanya sangat indah. Bagi pecinta bunga, pasti akan rela merogoh kantong untuk membeli bunga anggrekBunga Anggrek mempunyai harga jual yang sangat tinggi. Bunga Anggrek sering dijadikan tanaman hias. Sebagai tanaman hias, anggrek dapat bertahan lama di dalam ruang.Bunga Anggrek merupakan satu suku tumbuhan berbunga dengan anggota jenis terbanyak. Jenis-jenisnya tersebar luas dari daerah tropika basah hingga wilayah sirkumpolar, meskipun sebagian besar anggotanya ditemukan di daerah tropika. Kebanyakan anggota suku ini hidup sebagai epifit, terutama yang berasal dari daerah tropika. Bunga Anggrek di daerah beriklim sedang biasanya hidup di tanah dan membentuk umbi sebagai cara beradaptasi terhadap musim dingin. Organ-organnya yang cenderung tebal dan “berdaging” (sukulen) membuatnya tahan menghadapi tekanan ketersediaan air. Bunga Anggrek epifit dapat hidup dari embun dan udara lembap.
Ada beberapa Jenis Bunga Anggrek, yaitu :
1. Anggrek Tebu
Jenis Bunga Anggrek - Anggrek Tebu
Jenis Bunga Anggrek – Anggrek Tebu
Bunga Anggrek Tebu merupakan jenis bunga anggrek terbesar dan paling berat diantara jenis-jenis bunga anggrek lainnya. Anggrek tebu berat nya dapat mencapai 1 ton dengan tinggi 3 meter dan diamater 1-2 cm. Bunga Anggrek jenis ini mendapat predikat Anggrek Raksasa.
Bunga anggrek tebu (Grammatophyllum speciosum) berwarna kuning dengan bintik-bintik berwarna coklat, merah atau merah kehitam-hitaman. Bunga anggrek tebu tahan lama dan tidak mudah layu. Meskipun telah dipotong dari batangnya bunga raksasa yang super besar dan berat ini mampu bertahan 2 bulan.
2. Anggrek Bulan
Jenis Bunga Anggrek - Anggrek Bulan
Jenis Bunga Anggrek – Anggrek Bulan
Anggrek bulan termasuk dalam tanaman anggrek monopodial yang menyukai sedikit cahaya matahari sebagai penunjang hidupnya. Daunnya berwarna hijau dengan bentuk memanjang. Akar-akarnya berwarna putih dan berbentuk bulat memanjang serta terasa berdaging. Bunganya memiliki sedikit keharuman dan waktu mekar yang lama serta dapat tumbuh hingga diameter 10 cm lebih.
3. Anggrek Hartinah
Jenis Bunga Anggrek - Anggrek Hartinah
Jenis Bunga Anggrek – Anggrek Hartinah
Bunga Anggrek ini hanya tumbuh di daerah tertentu, yaitu Sumatera Utara Indonesia. Jenis anggrek yang diketemukan pertama kali pada tahun 1976 ini bisa diketemukan di Desa Baniara Tele Kecamatan Harian Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. Anggrek Tien Soeharto atau sering disebut juga sebagai Anggrek Hartinah (Cymbidium hartinahianum) merupakan anggrek tanah yang hidup merumpun. Bunga Anggrek ini merupakan bunga yang dilindungi oleh Pemerintah berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 7 tahun 1999.
4. Anggrek Kantung Kolopaking
Jenis Bunga Anggrek - Anggrek Kantung Kolopaking
Jenis Bunga Anggrek – Anggrek Kantung Kolopaking
Jenin ini termasuk jenis yang sangat langka. Anggrek Kantung Kolopkaing ini termasuk tanaman endemik Kalimantan Tengah. Bunga ini hidup di bebatuan yang berlumut di tepi-tepi tempat berair pada daerah ketinggian kurang lebih 600dpl. Bunga jenis ini hanya tumbuh di Kalimantan Tengah.

 Jenis-Jenis Spesies Anggrek yang dilindungi di Indonesia


Jenis-Jenis Spesies Anggrek yang Dilindungi di Indonesia. Terdapat 29 spesies anggrek langka yang dilindungi di Indonesia berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 7 Tahun 1999 tentang "Pengawetan Tumbuhan dan Satwa".


Indonesia merupakan negara dengan tingkatan kekayaan plasma nutfah anggrek terbesar kedua setelah Brazil. Dari sekitar 26.000 spesies anggrek di dunia, sekitar 5000 hingga 6000 jenis anggrek diantaranya terdapat di Indonesia. Dan tidak sedikit diantaranya yang merupakan jenis anggrek endemik Indonesia.


Bahkan hingga kini, jumlah spesies anggrek di Indonesia semakin bertambah dengan terus ditemukannya spesies-spesies baru. Awal 2010 silam, LIPI menemukan beberapa jenis spesies anggrek baru diKalimantan. Spesies itu antara lain Dendrobium Kelamense D. Metusala, P.O. Byrne & J.J Wood. Sebagaimana telah dipublikasikan jurnal internasional "Malesia Orchid Journal" edisi Maret 2010.


Namun kekayaan plasma nutfah anggrek di Indonesia semakin teracam. Banyak spesies anggrek yang semakin langka bahkan disinyalir punah di Indonesia. Semakin langkanya, bahkan musnah beberapa jenis anggrek yang diakibatkan maraknya pembalakan liar, kebakaran hutan, & aksi perburuan oleh para penggemar anggrek yang tidak memperhatikan aspek pelestarian di alam aslinya.


Daftar Anggrek Langka yang Dilindungi. Berikut adalah daftar ke 29 spesies anggrek langka yang ada di Indonesia.


  • Anggrek Kebutan (Ascocentrum miniatum) (gambar penjelas di atas kalimat ini)



  • Anggrek Hitam (Coelogyne pandurata) (gambar penjelas di atas kalimat ini)



  • Anggrek Koribas (Corybas fornicatus) (gambar penjelas di atas kalimat ini)



  • Anggrek Hartinah (Cymbidium hartinahianum) (gambar penjelas di atas kalimat ini)



  • Anggrek Karawai (Dendrobium catinecloesum) (gambar penjelas di atas kalimat ini)



  • Anggrek Albert (Dendrobium d'albertisii) (gambar penjelas di atas kalimat ini)



  • Anggrek Struberi (Dendrobium Lasianthera) (gambar penjelas di atas kalimat ini)



  • Anggrek Jamrud (Dendrobium macrophyllum) (gambar penjelas di atas kalimat ini)



--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Go Green Souvenir
Jaul souvenir Pernikahan
Souvenir bertema kan go green, souvenir bibit tanaman dan lain-lain.
Hubungi kami ( untuk mendapatkan katalog ):
089 631 383 425
Pin 7db7f6be
berikut beberapa contoh produknya:





















Tags:

Written by

We are the second largest blogger templates author, providing you the most excellent and splendid themes for blogger cms. Our themes are highly professional and seo Optimized.

 
@2014 | Published By # | Tuts | Designed by # | Powered By restu agro jaya.