Hormon Giberelin

Share & Comment
      Sejarah Giberelin
Giberelin pertama kali ditemukan di Jepang pada tahun 1930an dari kajian terhadap tanaman padi yang sakit, yang tumbuh terlalu tinggi. Tanaman tersebut sering tak mampu menopang dirinya sendiri dan akhirnya mati akibat kelemahan ini dan kerusakan oleh parasit. Sejak tahun 1890an, orang Jepang menyeybutnya penyakit bakanae. Penyakit tersebut disebabkan oleh cendawan Gibberelia fujikuroi (fase aseksualnya atau fase tak sempurnanya adalah Fusarium moniliforme). Pada tahun 1926, beberapa ahli patologi tumbuhan mendapatkan bahwa ekstrak cendawan tersebut yang disemprotkan ke tanaman padi menimbulkan gejala yang sama dengan cendawan itu sendiri. Hal itu menunjukkan bahwa bahan kimia tertentu menimbulkan penyakit tersebut.
Pada tahun 1930an. T Yabuta dan t Hayashi memisahkan suatu senyawa aktif dari cendawan tersebut, yang mereka namakan giberelin. Jadi, giberelin pertama kali ditemukan bersamaan dengan penemuan IAA. Namun, karena perhatiannya banyak terarah kepada IAA denagn auksin buatan, dan karena hubungan dengan orang Jepang kurang, yang  kemudian diikuti dengan pecahnya Perang Dunia II, para ilmuwan Barat tidak tertarik pada efek giberelin sampau awal tahun 1950an.
Hingga tahun 1990 telah ditemukan 84 jenis giberelin pada berbagai jenis cendawan dan tumbuhan. Dari jumlah itu, 73 jenis berasal dari tumbuhan tingkat tinggi, 25 jenis dari cendawan Giberela dan 14 jenis dari keduanya. Biji tumbuhan sejenis mentimun Sechium edule mengandung palin tidak 20 macam giberelin dan biji kacang hijau mengandung  ± 16 macam, tapi sebagian besar tumbuhan lain mengandung kurang dari itu.
 Peranan Giberelin
1.      Pemacuan pertumbuhan tumbuhan utuh
Giberelin mempunyai kemampuan khusus memacu pertumbuhan tumbuhan uth pada banyak spesies, terutama tumbuhan kerdil atau tumbuhan dwitahunan yang berada dalam fase roseta. Giberelin biasanya lebih banyak mendorong pemanjangan batang utuh daripada potongan batang.

2.      Pemacuan perkecambahan bij dorman dan pertumbuhan kuncup dorman
Kuncup dorman cukup tahan musim dingin dan kekeringan. Biji berbagai spesies liar juga dorman di musim gugur dan tidak mau berkecambah walaupun terpajan cukup baik pada kelembapan, suhu dan oksigen. Dormansi kuncup dan biji sering dapat berakhir oleh musim dingin yang panjang, sehingga tumbuh pada musim semi, bila keadaan menguntungkan. Pada beberapa spesies, dormansi kuncup dapat juga diatasi oleh panjang hari yang lebih lama yang terjadi pada akhir musim dingin. Bagi biji berbagai spesies, dormansi berkahir oleh cahaya merah yang diberikan secara singkat, asalkan dalam keadaan lembab.
Giberelin mengatasi kedua macam dormansi biji dan kuncup tersebut pada berbagai spesies dan berlaku sebagai pengganti suhu rendah, hari yang panjang atau cahaya merah. Pada biiji, salah satu efek giberelin adalah mendorong pemanjangan sel, sehingga radikula dapat mendobrak endosperma, kulit biji atau kulit buah yang membatasi pertumbuhannya. Kuncup lebih sedikit diteliti dan belum diketahui apakah pembelahan sel memang terpacu di samping pemanjangan sel, tapi mungkin saja demikian.
3.      Perpanjangan batang
Giberelin bisamerangsang perpanjangan ruas batang. Namun hal ini menyebabkan semakin kurusnya batang, mengecilnya luas daun, bahkan daun berwarna kuning hijau kekuningan. Aplikasinya : pd tebu (gula), kacang kapri dan pd kubis (pembungaan dan benih).
                                                                          










4.      Pembungaan
Saat tumbuhan membentuk  bunga tergantung pada beberapa factor, termasuk umur dan keadaan lingkungan tertentu. Misalnya: perbandingan lamanya siang dan malam sangat berpengaruh pada spesies. Beberapa spesies hanya berbunga apabila lamanya siang hari melewati titik kritis tertentu dan yang lainnya hanya berbbunga jika lamanya siang hari lebih pendek dari titik kritis tertentu.  Giberelin dapat menggantikan hari panjang yang dibutuhkan oleh beberapa spesies akan masa dingin untuk menginduksi pembungaan atau agar berbunga lebih awal (vernalisasi). Sejumlah bukti menunjukkan bahwa beberapa giberelin jauh lebih efektif dalam mendorong pembungaan daripada faktor lain.
5.      Pertumbuhan buah ( Fruit Set)
          Terlibat dalam inisiasi pertumbuhan buah setelah penyerbukan (terlebih jika auksin tidak berperan optimal). Efek ini diaplikasikan pd pengendalian pembuahan apel, anggur, dan sebagainya. Pada anggur, merangsang perpanjangan tangkai buah, sehingga jika bunga semakin banyak yg menjadi buah, maka buah tidak saling menumpuk.

6.      Mempengaruhi inisiasi pembungaan dan penentuan kelamin (jenis bunga)
          Inisiasi pembungaan dan penentuan kelamin (jenis bunga) dengan cara merangsang pembentukan organ generative dan menentukan perkembangan bunga (jantan, betina atau hermaprodite).Pada mentimun dan bayam, GA merangsang pembentukan bunga jantan (staminate), dan jika penghambat GA aktif, maka akan terbentuk bunga betina (pistillate).
7.      Pengangkutan makanan dan unsur mineral dalam sel penyimpan pada biji
Setelah biji berkecambah, sistem akar dan tajuk muda mulai menggunakan hara mineral, lemak, pati dan protein yang terdapat di sel penyimpan pada biji. Kecambah muda bergantung pada cadangan makanan in sebelum mampu menyerap garam mineral dari tanah dan sebelum dapat memanjangkan sistem tajuknya menuju cahaya. Garam mineral dengan mudah dapat berpindah mealui floem menuju ke seluruh akar dan tajuk muda, jika garam tersebut bersifat lasak. Kecambah menghadapi kesulitan denagn lemak, polisakarida dan protein sebab molekul tersebut tidak dapt dipindahkan. Kesulitan tersebut dapat diatasi dengan cara mengubha polimer cadangan menjadi sukrosa dan berbagai asam amino serta amida yang mudah bergerak. Giberelin memacu perubahan ini, khususnya pada bulir serealia.

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Go Green Souvenir
Jual souvenir Pernikahan
Souvenir bertema kan go green, souvenir bibit tanaman dan lain-lain. (Partai besar atau kecil)
Hubungi kami ( untuk mendapatkan katalog ):
089 631 383 425
Pin 7db7f6be
berikut beberapa contoh produknya:

























Tags:

Written by

We are the second largest blogger templates author, providing you the most excellent and splendid themes for blogger cms. Our themes are highly professional and seo Optimized.

 
@2014 | Published By # | Tuts | Designed by # | Powered By restu agro jaya.