Hal-hal yang membatalkan shalat

Share & Comment
2 Hal-hal yang Membatalkan Shalat
Yang termasuk kedalam hal-hal yang bisa membatalkan shalat secara umum adalah sebagai berikut:
2.2.1        Bercakap-cakap,sekurang kurangnya terdiri dari dua huruf, walaupun tidak mempunyai arti begitu juga satu huruf yang mempunyai arti, sepeti “qi”, kata kerja perintah dari “waqa”(menjaga). Tetapi kalau satu huruf  tadi tidak mempunyai arti, maka tidak membatalkan. Begitu juga suara yang teriri dari beberapa huruf  tanpa maksud tertentu.
Madhzab hanafi dan hambali tidak membedakan hokum batal shalat karena berbicara ini ,  bik pembicaraan itudi sengaja atau karena lupa, keduanya dianggap batal
Sedangkan imamiyah, syafii dan maliki mengatakan : shalat tidak batal oleh perkataan yang di ucapkan karena lupa, kalau hanya sedikit. Sekiranya bentuk shalat itu tetap terpelihara
Dan shalat tidak batal karena berdehem, baik gngan suatumaksud atu tidak, demikian madzhab imamiyah dan maliki, sedangkan menurut madzhab lainnya : tal kalau tanpa maksud, dan tidak batal kalau karena maksud. Seperti membaguskan suara hingga keluar huruf dari makhrajnya, atau untuk menunjukan imam kepad yang benar
Mereka semua sepakat bahwa boleh berdoa di tengah-tengah shalat guna memohon kebaikan atau ampunan dari Allah SWT, kecuali pendapat dalam madzhab hanafi dan hambali,   merek mengaitkan doa seperti dengan apa-apa yang diwartakan dalam Al-Quran dan sunah, atau dengan suatu doa permohonan yang hanya pantas dimohonkan kepada Allah saja, seperti memohon rizki atau keberkahan. Dan tidak termasuk perkatan yang membatalkan, kalimat tasbih yan dipakai oang untuk memberiktahukan bahwa ia sedang shalat,atau untuk menunjukan kepada imam yang keliru dalam bacaannya.

4 mazhab mengatakan : termasuk perbuatan yang membatalkan itu adalah membalas ucapan salam seseorang kalau, seseorang sedang shalat at ada orang yang member salam kepadanya dan salam orang itu di balasnya dengan lisannya, maka shalatnya menjadi batal dan tidak batal kalau hanya dengan isyarat.

Imamiyah mengatakan : seseorang yang sedang shalat wajib membalas ucapan salam yang sama kalau sighatnya adalah salam, bukan selamat pagi atau sejenisnya. Dan mereka mensyaratkan agar ucapan itu harus sama, tanpa perubahan. Jawaban bagi ucapan “salamualaikum” harus tanpa alif lam juga, sedangkan jawaban bagi ucapan “assalamualaikum” harus dengan alif lam.
2.2.2 Setiap perubahan yang menghapuskan shalat  maka ini hukumnya membatalkan shalat,sekiranya bila dilihat orang  seakan-akan bukan dalam shalat.
Ini syarat yang disepakati semua madzhab.
2.2.2        Makan dan minum ini telah disepakati oleh semua ulama, hanya mereka yang berselisih dalam hal kadar yang membatalkan.
Imamiyah mengatakan : semua makanan dan minuman bisa membatalkan shalat jika menghilangkan bentuk shalat itu, atau menghilangkan salah satu syarat shalat, seperti kesinambungannya dan lain-lain yang serupa. Hanafi mengatakan bahwa setiap makan makanan dan minum minuman membatalkan shalat, baik banyak maupun sedikit, walaupun yang dimakan itu hanyalah sebiji kismis,  dan yang diminum seteguk air, dan tidak ada perbedaan, karena sengaja atau lupa.
Syafii mengatakan: semua makanan dan minuman yang masuk ke rongga perut orang yang shalat, maka hukumnya membatalkan shalat, baik sedikit maupun banyak. Hal ini bila orang yang shalat itu ,melakukannya dengan sengaja dan mengetahui akan keharamannya. Kalau ia tidak tahu atau lupa, maka tidak membatalkan kalau hanya sedikit, tetapi membatalkan kalau banyak. Hambali mengatakan: kalau makanan dan minuman itu banyak maka huumnya membatalkan shalat, baik sengaja ataupun karena lupa. Dan kalau makanan dan minuman itu sedikit, hukumnya membatalkan kalau disengaja, dan tidak membatalkan kalau karena lupa.
2.2.4        Apabila datang sesuatu yang membatalkan wudhu atau mandi baik dari hadas besar maupun hadas kecil. Hal tersebut membatalkan shalat. Menurut seluruh madzhab selain madzhab hanafi. Mereka mengatakan :  shalat batal jika perkara tersebut terjadi sebelum wudhu duduk terakhir sekedar bacaan tayahud kalau terjadi sesudahnya dan sebelum salam, maka shalatnya tidak batal.
Tertawa terbahak-bahak juga membatalkan shalat demikian menurut kesepakatan ulama, selain madzhb hanafi. Mereka berkata : hukumnya sama. Dengan hokum hadas seperti di uraikan diatas (no.4)


------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Go Green Souvenir
Jual souvenir Pernikahan
Souvenir bertema kan go green, souvenir bibit tanaman dan lain-lain. (Partai besar atau kecil)
Hubungi kami ( untuk mendapatkan katalog ):
089 631 383 425
Pin 7db7f6be
berikut beberapa contoh produknya:











































Tags:

Written by

We are the second largest blogger templates author, providing you the most excellent and splendid themes for blogger cms. Our themes are highly professional and seo Optimized.

 
@2014 | Published By # | Tuts | Designed by # | Powered By restu agro jaya.