hal-hal yang membatalkan shalat menurut Madzhab imamiyah

Share & Comment
A.    Madzhab imamiyah
Hal-hal yang membatalkan shalat menurut madzhab imamiyah adalah :
1.      Riya (minta dipuji)
2.      Ragu-ragu dalam niat.
3.      Niat memutuskan shalat. Dalam hal ini, adalah jika dilakukan sesuatu af’al shalat.
4.      Berpindah dari shalat terdahulu kepada shalat kemudian.seperti orang yang berpindah dari shalat dzuhur kepada shalat Ashar. Tetapi kalau berpindah dari shalat ashar kepada shalat dhuhur maka tidak apa-apa. Misalnya,seseorang membayangkan bahwa ia telah mengerjakan shalat dzuhur, ia lalu berniat shalat ashar. Kemudian di tengah-tengah shalatnya ia ingat bahwa sebenarnya ia belum mengerjakan shalat dzuhur, maka dibolehkan baginya berpindah kepada shalat dzuhur. Dan dibolehkan juga berpindah dari shalat berjamaah kepada shalat infirad (sendiri) dan tidak sebaliknya. Dan dibolehkan bagi orang yang sedang mengerjakan shalat fardu sendiri untuk merubah shalatnya itu menjadi shalat sunah karena ingin melakukan shalat fardhu berjamaah.
5.      Menambah takbiratul ihram, misalnya seseorang sudah mengucapan takbiratul ihram, kemudian mengucapkan sekali lagi, maka shalatnya batal, sehingga perlu mengucapkan takbiratul ihram keempat, maka shalatnya batal, sehingga perlu mengucapkan takbiratul ihram kelima. Demikian seterusnya shalat menjadi batal dengan tambahan takbiratul ihram secara genap, karena menambah rukun, dan sah secara ganjil.
6.      Kena najis yang tidak dimaafkan dan tidak bisa hilang kecuali dengan banyak gerakan, sehingga menghilangkan bentuk shalat.
7.      Kalau seseorang bertayamum karena ketiadaan air, kemudian ia shalat. Ditengah-tengah shalatnya, ia mendapatkan air maka batallah tayamum dan shalatnya sekaligus, kalau air itu ia dapatkan sesudahnya maka shalatnya tetap sah.
8.      Kehilangan sebagian syarat shalat, seperti menutup aurat dan kebersihan tempat shalat.
9.      Berhadats
10.  Sengaja meperoleh dengan seluruh badan kea rah belakang atau kea rah kanan,atau ke kiri, atau antara keduanya sekitarnya keluar dari arah kiblat.
11.  Sengaja berbicara atau menangis karena urasan dunia.
12.  Tertawa terbahak-bahak
13.  Melakukan perbuatan yang menghapuskan bentuk shalat.
14.  Makan dan minum.
15.  Menambah atau mengurangi sesuatu bagian shalat dengan sengaja.

16.  Meninggalkan salah satu rukun yang lima dengan sengaja atau lupa. Yang termasuk rukun yang lima itu ialah: niat, takbiratul ihram, berdi,ruku, dan dua sujud pada satu rakaat.

Go Green Souvenir
Jual souvenir Pernikahan
Souvenir bertema kan go green, souvenir bibit tanaman dan lain-lain. (Partai besar atau kecil)
Hubungi kami ( untuk mendapatkan katalog ):
089 631 383 425
Pin 7db7f6be
berikut beberapa contoh produknya:











































Tags:

Written by

We are the second largest blogger templates author, providing you the most excellent and splendid themes for blogger cms. Our themes are highly professional and seo Optimized.

 
@2014 | Published By # | Tuts | Designed by # | Powered By restu agro jaya.