Thursday, 28 August 2014

Asal Mula dan Sebab-sebab Perdagangan

Share & Comment
Asal Mula dan Sebab-sebab Perdagangan
              Dalam bagian-bagian di atas telah disinggung bahwa perdagangan tidak ada dalam pertanian yang masih bersifat subsisten karena setiap keluarga petani memenuhi segala keperluannya dari dalam rumah tangga dan usaha taninya sendiri dan tidak menjual hasil-hasilnya ke luar. Tetapi dengan mulai berkembangnya pertanian dan rumah tangga pertanian maka keperluan tani dan usaha taninya makin luas dan makin banyak. Sarana-sarana produksi mulai dibeli dari luar usahataninya dan sebaliknya hasil-hasil produksi usahatani mulai dijual keluar.
              Sementara itu dengan keperluan petani yang makin beraneka ragam, hasil-hasil produksi petani dijual untuk ditukarkan dengan hasil-hasil produksi pertanian lainnya yang dihasilkan keluarga lain dan akhirnya timbulah spesialisasi. Ada petani yang mengadakan spesialisasi dalam penanaman padi, ada yang jagung dan ada pula yang menanam kelapa atau tembakau. Petani-petani itu kemudian saling mengadakan pertukaran barang-barang yang dihasilkan.
Adapun pertukaran dan perdagangan mula-mula adalah sebagai akibat langsung dari sifat alam, yaitu perbedaan-perbedaan dalam macam ta­nah, iklim, pengairan , dan kekayaan / sumber alam lainnya. Daerah-daerah  dataran rendah menghasilkan padi, jagung dan kacang-kacangan, sedangkan daerah-daerah dataran tinggi menghasilkan sayur-sayuran, teh, buah-buahan  dan sebagainya. Dengan demikian spesialisasi perseorangan kemudian menjurus ke spesialisasi daerah dan di Negara kita terjadi spesialisasi dari pulau-pulau.
Jawa menjadi penghasil padi dan gula yang utama, Sumatera penghasil karet, kelapa sawit dan lada, sedangkan Kalimantan penghasil kayu dan hasil-hasil hutan. Spesialisasi alamiah ini kemudian diperkuat oleh pe­ranan manusia yang berupa keterampilan dan kecakapan, usaha pemupukan modal dan upaya-upaya pembangunan lainnya.­

Karena itu perdagangan merupakan akibat logis dari adanya spesialisas antar daerah yang merupakan faktor ekonomi yang sangat penting.

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Go Green Souvenir
Jual souvenir Pernikahan
Souvenir bertema kan go green, souvenir bibit tanaman dan lain-lain. (Partai besar atau kecil)
Hubungi kami ( untuk mendapatkan katalog ):
089 631 383 425
Pin 7db7f6be
berikut beberapa contoh produknya:




















Tags:

Written by

We are the second largest blogger templates author, providing you the most excellent and splendid themes for blogger cms. Our themes are highly professional and seo Optimized.

0 komentar:

Post a Comment

 
@2014 | Published By Pro Templates Lab | Tuts | Designed by Templatezy | Powered By Blogger