Aplikasi pupuk kandang

Share & Comment
Aplikasi Pupuk Kandang
Pupuk siap digunakan apabila penguraian oleh mikroba sudah tidak terjadi lagi. Artinya, panas sudah tidak ada lagi dalam kotoran. Dari pupuk tersebut sudah tidak tercium bau amoniak. Bentuknya sudah berupa tanah yang gembur kalau diremas, tampak kering, dan berwarna cokelat tua. Untuk memupuk tanah, dosis pupuk tergantung pada keadaan tanah. Namun, untuk tanah di Indonesia umumnya diberi pupuk kandang sebanyak 20 ton/ha.
Pupuk kandang dapat diberikan sebagai pupuk dasar sebelum tanam. Penebaran dilakukan secara merata di seluruh lahan, lalu tanahnya diolah untuk terakhir kali. Biasanya pemberian pupuk kandang yang sudah matang dilakukan seminggu sebelum tanam.
Untuk tanaman tahunan seperti cengkeh atau tanaman buah, pemupukan sebagai pupuk dasar dilakukan dalam lubang tanam seminggu sebelum penanaman bibit. Dosisnya satu bagian pupuk kandang dicampur dua bagian tanah galian.
Untuk palawija seperti kedelai dan jagung, pemupukan sebagai pupuk dasar cukup dilakukan dalam lubang tugalan yang kemudian ditimbun tipis dengan tanah. Setelah itu, benih dapat dimasukkan.
Untuk tanaman sayur, pemupukan dapat dilakukan dengan cara disebar diantara guludan, ditutup tipis dengan tanah, lalu ditugal untuk meletakkan benih. Ada pula petani yang menugalnya terlebih dahulu, lalu dalam lubang tugalan diberi pupuk kandang.
Untuk tanaman dalam pot, pupuk kandang sebagai pupuk dasar diberikan sebanyak  sepertiga jimlah media tanam. Ada pula yang media tanamnya seluruhnya berupa pupuk kandang. Ini tentu kuramg baik, apalagi kalau pupuk kandangnya kurang matang. Sebaiknya media tanam dicampur 1/4 - 3/4 bagian media tanam.
Untuk padi, pemberian pupuk kandang sebagai pupuk dasar dilakukan dengan cara disebar. Namun, saat penyebaran pupuk air sawahnya harus sangat sedikit, maksimum tinggi airnya 5 cm dari permukaan tanah. Setelah ditebarkan pupuk kandang, biasanya sawah diolah lagi agar pupuk dapat bercampur merata. Setelah itu, petakan sawah diisi air seperti biasa. Jika ada pupuk fosfat seperti TSP atau SP-36, pemberiannya dapat dilakukan bersamaan dengan pupuk kandang.



-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Go Green Souvenir
Jual souvenir Pernikahan
Souvenir bertema kan go green, souvenir bibit tanaman dan lain-lain. (Partai besar atau kecil)
Hubungi kami ( untuk mendapatkan katalog ):
089 631 383 425
Pin 7db7f6be
berikut beberapa contoh produknya:




















Tags:

Written by

We are the second largest blogger templates author, providing you the most excellent and splendid themes for blogger cms. Our themes are highly professional and seo Optimized.

 
@2014 | Published By # | Tuts | Designed by # | Powered By restu agro jaya.