Al Jarh Wa At-Ta’dil

Share & Comment

Pengertian Al Jarh Wa At-Ta’dil
Kalimat aljarh wa at-ta’dilmerupakan satu dari kesatuan pengertian yang teriri dari dua kata, yaitu ‘al-jarh ‘ dan’ al-adl’. Al  Jarh  secara bahasa merupakan bentuk masdar,dari kata جرحَ- يجرحyang berarti ‘ seseorang menbuat luka pada tubh orang lain, yang ditandai dengan mengalirnya darah dari luka tu. Kemudian pengertian al-adl scara etimologi berarti ‘sesuatu yang tedapat dalam jiwa bahwa sesuatu itu lurus merupakan lawan dari ‘lacur’. Orang adil berarti orang yang diterima kesaksiannya. Ta’dil pada diri seseorang berarti nilai positif. Adapun secara terminologi, aladl berarti orang yang memiliki  sift yang mencacatkan keagamaan dan keperwiraannya. Ilmu jarh wa al-ta’dil adalah ilmu tentang hal ihwal para rawi dalam hal mencatat keaiban dan menguji keadilannya.ta’dil atinya menganggap adil seorang rawi, yakni memuji rawi dengan sifat-sifat yang membawa maqbuknya riwayat. Al- jarh  atau tajrib artinya mencacatkan, yakni menuturkan sebab-sebab cacatnya rawi. Perbuatan tajrih termasukyang dibolehkan oleh agama,sbabuntuk keperluan agama dan tidak mlampaui batas kemanusiaan.
Menurut Nur Al-Din al-jarh didefinisikan dengan:
اَلطَعْنُ فِيْ رَاوِيْ الْحَد يْثْ بِمَا يَسْلُبُ اَوْ يَخُلّ بِعَدَا لَتِهِ اَو ْظَبْتِهِ
“Kecacatan pada perawi Hadits disebabkan oleh seauatu yang dapat merusak keadilan atau kedabitan perawi”.
            Sedangkan at-ta’dil yang secara bahasa berarti at-tasywiyah (menyamarkan), menurut iatilah berarti:
عَكْسُهُ هُوَ تَزْ كِيَةٌ الرّاوِيْ وَاْلحُكْم ُعَلَيْهِ بِا َنّهُ عَدْلٌ اَوْ ظَا بِطٌ
“Lawan dari al-jarh, yaitu pembersihan atau pensucian perawi dan letetapan, bahwa ia adil atau dabit”.
Muhammad Ajjaj Al-Khatib mengatakan bahwa yang dimaksud dengan ilmu al-jarh wa al-ta;dil adalah  suatu yang membahas hal-ihwal para rawi dari segi diterima atau ditolak periwayatannya. Sedangkan menurut ulama lain, ilmu al-jarh wa at-ta’dil itu adalah ilmu yang membahas tentang para perawi hadist dari segi yang dapat menunjukankeadaan mereka, baik yang dapat mencacatkan atau membersihkanmereka dengan ungkapan atau lapadz tertntu (Subhi al-shalah, 2007:109).
  Manfaat Ilmu Al-Jarh Wa At-Ta’dil
Ilmu al-jarh wa at-ta’dil, pertama bermanfaat untuk menetapkan apakah periwayatan seorang rawi itu dapat diterima atau harus ditolak sama sekali. Apabila seorang rawi dinilai oleh para ahl sebagai seorang rawi yang cacat, periwayatannya harus ditolak, dan apabila seorang rawi dipuji sebagai seorang yang adil,  niscaya periwayatannya diterima, selama syarat-syarat yang lain untuk menerima hadist terpenuhi.(faturrahman, 1991:87)
Kedua, di butuhkan oleh para ulama hadits karena dengan ilmu ini akan dapat dipisahkan, mana informasi yang benar datang dari Nabi saw, dan mana yang bukan. Sesuai dengan fakta sejarah, pemalsuan hadits yang terjadi sejak dulu dan makin marak pada masa perilaku kekuasaan politik islam. Fakta itu menunjukan bahwa ternyata, tidak semua pembawa hadits itu dapat dipercaya. Menunjukan cacat periwayat hadits bukan dimaksudkan untuk menjatuhkan martabat individu , apalagi ulama, tatapi untuk melindungi informasi nabi saw dari kepalsuan. Para ulama sadar sepenuhnya bahwa menunjukan aib orang lain itu dilarang oleh agama. Akan tetapi bila jarh (kritik) tidak dilakukan, maka bahaya yang timbul akan lebih besar dan hadits nabi tidak dapat diselamatkan. Al- Baghdadi mengutip penilaian ibnu Mubarak atas kebohongan al-ma’la abnu hilal. Mengapa engkau berbuat ghibah (memperlihatkan aib orang lain). Ibdul Mubarak menjawab. “kalau saya tidak menjelaskan , bagaiman mugkin dapat dipilah antara yang hak dan yang batil.
Ketiga manfaat untuk mengetahui Ilmu al-jarh wa at-ta’dil, kita juga akan menyeleksi mana hadis yang sahih, hasan ataupun hadis dhaif, terutama dari segi kualitas rawi, bukan  dari matanya.
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Go Green Souvenir
Jual souvenir Pernikahan
Souvenir bertema kan go green, souvenir bibit tanaman dan lain-lain. (Partai besar atau kecil)
Hubungi kami ( untuk mendapatkan katalog ):
089 631 383 425
Pin 7db7f6be
berikut beberapa contoh produknya:















































Tags:

Written by

We are the second largest blogger templates author, providing you the most excellent and splendid themes for blogger cms. Our themes are highly professional and seo Optimized.

 
@2014 | Published By # | Tuts | Designed by # | Powered By restu agro jaya.