Share & Comment






Ikan badut (sub famili Amphiprioninae) terkenal arena beberapa hal : simbiosisnya dengan anemon laut.
Beberapa hal unik dari ikan ini :
1. Simbiosisnya : anemon melindungi ikan badut dari pemangsa. ikan badut karena warnanya cerah dan menarik, menjadi umpan bagi ikan lain, agar anemon mudah menjerat mereka dan menagkap makanan, seperti ikan dan kepiting.
ikan badut memiliki 2 mekanisme adaptasi untuk ini : resistensi terhadap racun anemon, dan mucus (lendir) dengan substansi dasar gula, sehingga tidak memicu nematocys anemon beraksi menyuntikkan racun (anemon bereaksi pada mucus ikan umumnya yg bersubstansi protein)
2. Struktur sosialnya yang unik. dalam 1 kawanan ikan, yg terbesar adalah betina, yg kedua terbesar adalah jantan, sisanya tidak berkelamin (alat kelaminnya tidak berkembang). bila betina mati, jantan akan menjadi betina, dan ikan aseksual terbesar akan menjadi jantan. struktur ini sangat ketat dan tidak dapat diganggu gugat.
Interaksi antara ikan badut dengan anemon selama ini diduga hanya menguntungkan salah satu pihak. Namun, ternyata dugaan itu salah. Hasil penelitian terbaru yang dilakukan oleh peneliti biologi kelautan Auburn University di Alabama, Amerika Serikat, menemukan bahwa interaksi antara ikan badut dengan anemon adalah interaksi dua arah,
Sebelumnya, diyakini bahwa dalam interaksi tersebut, ikan badut memperoleh tempat tinggal dan tempat bersembunyi. Ikan badut perlu bersembunyi dari pemangsanya, ikan baracuda, sedangkan anemon sendiri tak memperoleh keuntungan apa-apa. Dalam studi terbaru, diketahui bahwa gerakan ikan badut yang seperti tarian menguntungkan bagi anemon, membantunya bernafas."Ini adalah pertama kalinya kami berhasil mengungkapkan bahwa ternyata ikan badut membantu anemon laut untuk bernafas dan mengaerasi dirinya sendiri," kata Chadwick seperti dikutip Livescience, Rabu (27/2/2013).
Hubungan itu terungkap setelah tim melakukan percobaan di laboratorium dengan ikan dan anemon yang diambil dari Laut Merah dekat Aqaba, Yordania. Peneliti meletakkan kedua hewan tersebut pada akuarium yang terpisah untuk melihat jumlah penggunaan oksigen dari tiap-tiap spesies. Kemudian, keduanya disatukan untuk mengukur total penggunaan oksigen ketika mereka bersama, sekaligus merekam interaksi antara keduanya.Ternyata, total penggunaan oksigen ketika kedua hewan ini disatukan melebihi jumlah total kadar oksigen yang mereka gunakan ketika dipisahkan. Hasil ini hanya muncul ketika keduanya saling berinteraksi dan bersentuhan satu sama lain.
Ketika Ikan badut 'menari', gerakan sirip dan ekornya akan menciptakan sirkulasi air bagi anemon. Dengan demikian, anemon mendapat lebih banyak oksigen yang akan meningkatkan metabolisme dan pertumbuhan. Pada akhirnya, pertumbuhan anemon yang lebih cepat dirasakan manfaatnya juga oleh ikan badut. Ikan tersebut punya tempat berlindung yang lebih luas.
Tags:

Written by

We are the second largest blogger templates author, providing you the most excellent and splendid themes for blogger cms. Our themes are highly professional and seo Optimized.

 
@2014 | Published By # | Tuts | Designed by # | Powered By restu agro jaya.