Potensi nimba

Share & Comment

  Potensi Nimba

 

      Tanaman nimba memiliki sifat serta potensi sebagai pestisida alami (biopesticide) yang baik untuk tanaman pangan dan tanaman hias. Tanaman nimba memiliki sifat serta potensi sebagai pestisida alami (biopesticide) yang baik untuk tanaman pangan dan tanaman hias. Pestisida nabati dapat mengendalikan serangga hama dan penyakit melalui cara kerja yang unik, yaitu dapat melalui perpaduan berbagai cara atau secara tunggal. Cara kerja yang spesifik yaitu: merusak perkembangan telur, larva, dan pupa, penolak makan (anti feedant), mengurangi nafsu makan, menghambat reproduksi serangga betina, mengusir serangga, menghambat reproduksi serangga betina, mengusir serangga, dan menghambat perkembangan patogen penyakit.   

  • Pestisida asal nimba mempunyai tingkat efektivitas yang tinggi di lapangan (±  dalam waktu 10 hari) dan berdampak spesifik terhadap organisme pengganggu.Tanaman nimba sangat potensial sebagai pestisida biologi dalam program Pengendalian Hama Terpadu (PHT), untuk mengurangi dan meminimalkan penggunaan pestisida sintetis.
  • Pestisidaasalnimbamempunyaitingkatefektivitas yang tinggi di lapangan (±  dalamwaktu 10 hari) danberdampakspesifikterhadaporganismepengganggu 
  • Tanamannimbasangatpotensialsebagaipestisidabiologidalam program Pengendalian Hama Terpadu (PHT), untukmengurangidanmeminimalkanpenggunaanpestisidasi
  • Nimba (Azadirachtaindica) yang mengandung senyawa bioaktif berupa triterpenoids: azadirachtin, salannin dan meliantriol yang terdapat pada daun, buahdanbiji
  •   Biji nimba mempunyai manfaat sebagai pestisida, baik untuk tanaman budidaya atau tanaman hias. Walaupun aktif sebagai pestisida, biji nimba tidak beracun bagimanusia maupun hewan yang bukan sasaran.
Pestisida Nabati dari Nimba (Azadirachta Indica)

Biji dan daun nimba mengandung bahan aktif azadirachtin, salanin, nimbenen, dan mellantriol. Pestisida nabati nimba efektif untuk mengendalikan ulat, hama pengisap, jamur, bakteri, nematoda, dan sebagainya. Pestisida nabati nimba dapat dibuat dari biji atau daun.


Pembuatan Pestisida Nabati dari Nimba (Azadirachta Indica)

Cara pembuatan pestisida nabati dari biji atau daun nimba:

1.Bahan (biji atau daun) dicuci terlebih dahulu,

2.Kemudian bahan ditimbang sebanyak 10 kg untuk kebutuhan lahan 1 ha,

3.Lalu bahan digiling atau ditumbuk halus,

4.Kemudian direndam ke dalam air selama 24 jam atau ke dalam larutan etanol/metanol selama 2 jam,

5.Aduk larutan sampai rata dan saring dengan kain halus,

6.Semprotkan larutan nimba tersebut ke pertanaman (apabila akan disemprotkan, dicampurkan terlebih dahulu dengan air sebanyak 250-400 liter air untuk kebutuhan lahan 1 ha).


Manfaat Lain dari Nimba
    • Nimba digunakan sebagai obat cacing di Pakistan,
    • Sebagai obat malaria juga untuk kesehatan mulut di Nigeria,
    • Sebagai obat demam, obat jerawat, pengusir nyamuk, antifungal, antiskabies, obat anjing,antifertilitas, imunomodulator.
    • Pada umumnya tanaman mimba digunakan sebagai tanaman peneduh jalan, sering dijumpai ditepi-tepi jalan di kota-kota yang panas dan kering misalnya Jepara, Rembang, Situbondo dan Pamekasan.
 


Tags:

Written by

We are the second largest blogger templates author, providing you the most excellent and splendid themes for blogger cms. Our themes are highly professional and seo Optimized.

 
@2014 | Published By # | Tuts | Designed by # | Powered By restu agro jaya.