Drainase

Share & Comment

Drainase


Konsep Dan Manfaat Drainase
Konsep
Drainase merupakan perpindahan kelebihan air dari daerah zona akar. Masalah drainase salah satunya disebabkan kelebihan air dari permukaan tanah atau pada daerah zona akar dibawah permukaan tanah. Perpindahan air dari permukaan tanah dan skema pengendalian perputaran air di rempat yang dangkal (drainase) memperbaiki tanah sebagai media tumbuh tanaman. Sumber kelebihan air dapat berasal dari hujan, air irigasi, mencairnya salju, aliran darat, aliran artesis dari bawah tanah, saluran air banjir, atau penggunaan air untuk tujuan khusus sebagai pelarutan garam-garaman dari tanah.
Tujuan Drainase
Drainase digunakan di daerah lembab dan kering. Tujuan atau sasaran utama  drainase adalah  untuk meningkatkan produksi dan panen secara berkelanjutan.
Tujuan drainase adalah untuk memberikan keadaan yang baik bagi akar sehingga tanaman dapat tumbuh dengan maksimal. Drainase dilakukan untuk :
-          Memindahkan kelebihan air dari zona perakaran tanaman
-          Mengatur salinitas pata zona perakaran tanamann dan profil tanah.

Pengaruh Kekurangan Drainase Terhadap Tanah Dan Tanaman
Air yang mengisi pori tanah tidak hanya  menggantikan udara di dalam tanah tetapi juga menghalangi gas yang menyebabkan putusnya akar ketika  akar keluar. Kandungan oksigen pada tanah terbatas bukan karena jumlahnya yang sedikit namun oksigen dapat diuraikan oleh air tetapi juga dapat diuraikan oleh lapisan tanah subsoil.
Setelah penguraian air menjadi O2 maka air telah dipakai oleh tanah dan diangkut melalui dekomposisi aerob oleh bahan organik. Mengakibatkan penurunan produksi senyawa organik dan aldehid kompleks. Bahan mineral di dalam tanah berubah dari proses oksidasi menjadi reduksi, dan konsentrasi racun Fe dan Ion sulfide dapat timbul beberapa hari setelah genangan air pada tanah.
Pada umumnya penggenangan air berperan dalam melambatkan kecepatan dekomposisi bahan organik. Sehingga nitrogen (N2) memelihara bekas penguapan sisa organik. N2, seringkali  dijadikan faktor pembatas untuk pertumbuhan tanaman di tanah yang drainasenya buruk.
Penggenangan air memiliki pengaruh terhadap penyerapan nutrisi tanaman. Hal ini menunjukan gejala semiotik yang berkembang dibawah genangan air. Gejala semiotic tersebut yaitu menguning, kemerah-merahan, atau terlihat bercak (titik) pada daun.
Pada beberapa tanaman yang peka, penggenangan yang berkelangsungan dapat merusak sistem akar, dan akibatnya tanaman mati karena kekurangan nutrisi dan serapan air.

Manfaat Drainase
Manfaat Utama
a.       Membuat kondisi tanah yang menguntungkan bagi akar tanaman untuk tumbuh.
b.      Meningkatkan ketersediaan nutrisi bagi tanaman.
c.       Mereduksi bahan racun berbahaya dalam tanah.
d.      Membantu dekomposisi bahan organik dan dengan demikian meningkatkan ketersediaan N2.
e.       Memperpanjang periode penanaman.
f.       Memberi  lingkungan yang baik untuk munculnya tanaman dan mudah berkembang.
g.      Dapat mereduksi pemadatan tanah.

Manfaat Tambahan
a.    Genangan air selama musim panas dapat menyebabkan panas (luka bakar dengan air panas) pada tanaman.
b.    Bahaya kesehatan yang diakibatkan oleh nyamuk yang berkembang biak di genangan air.
c.    Ketinggian genangan air mencegah tanah menjadi panas pada musim semi dan berpengaruh juga terhadap perkecambahan biji.
d.   Penyakit tanaman akan lebih aktif pada kondisi air yang menggenang. Pada umumnya tumbuh fungi.
e.    Kapasitas daya dukung genangan air tanah yang rendah. Sehingga,menimbulkan masalah terhadap bentuk dan padatan tanah oleh binatang dan mesin.

Tags:

Written by

We are the second largest blogger templates author, providing you the most excellent and splendid themes for blogger cms. Our themes are highly professional and seo Optimized.

 
@2014 | Published By # | Tuts | Designed by # | Powered By restu agro jaya.